Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, H Gumer mengajak masyarakat kabupaten setempat, yang sudah memiliki hak pilih untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, agar memastikan diri terdaftar sebagai pemilih.

Oleh sebab itu, masyarakat Gumas hendaknya mendukung pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) yang mulai dilakukan mulai 24 Juni hingga 25 Juli 2024, ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu.

“Saat ini Petugas Pemutakhiran Data Pemilih atau Pantarlih mulai melakukan coklit. Ayo kita dukung pantarlih, karena tujuan coklit ini untuk memastikan mereka yang sudah memiliki hak pilih terdaftar sebagai pemilih,” sambungnya.

Pria kelahiran Desa Parempei, Kecamatan Rungan ini meminta masyarakat Gumas agar menerima kedatangan pantarlih dengan tangan terbuka, serta menyiapkan dokumen yang diminta oleh para petugas tadi.

Dengan demikian, sambung wakil rakyat dari daerah pemilihan III, yang meliputi Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa, dan Damang Batu ini, pantarlih bisa melaksanakan tugasnya dengan efektif dan efisien.

“Pantarlih ini melakukan coklit terhadap ratusan orang. Jadi bantu mereka dengan menyiapkan dokumen yang diperlukan seperti kartu tanda penduduk dan kartu keluarga,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Baca juga: DPRD apresiasi kesuksesan rangkaian kegiatan hari jadi ke-22 Gumas

Lebih lanjut, H Gumer mengaku sudah menjalani proses coklit, yang dilakukan oleh Pantarlih di Kelurahan Tewah Kecamatan Tewah pada Senin (24/6). Menurut dia, tidak memerlukan waktu lama untuk menjalani proses coklit.

Oleh sebab itu, dia meminta kepada masyarakat Gumas, khususnya yang sudah memiliki hak pilih untuk Pilkada 2024, agar meluangkan waktu untuk menerima kedatangan pantarlih yang akan melakukan coklit.

Sementara itu, Ketua KPU Gumas Elfrinst G Tumon mengatakan sebanyak 320 orang pantarlih mulai melakukan coklit data pemilih di kabupaten setempat, untuk Pilkada Serentak 2024.

Dia menyebut, sebelum bertugas, ke-320 petugas pantarlih tadi terlebih dahulu mengikuti bimbingan teknis, supaya mereka mampu menjalankan tugas dengan baik dan benar.

"Coklit dilaksanakan mulai 24 Juni hingga 25 Juli 2024. Nantinya petugas pantarlih akan datang ke rumah-rumah. Jadi warga kami minta untuk mempersiapkan kartu tanda penduduk dan kartu keluarga," demikian Elfrinst.

Baca juga: Permudah layanan, Mal Pelayanan Publik Gumas gunakan teknologi modern

Baca juga: Kontingen Gumas diharap tampil optimal pada Pesparawi XVII Kalteng

Baca juga: Sebanyak 320 pantarlih mulai lakukan coklit di Gumas untuk Pilkada 2024


Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024