Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah komitmen akan selalu bekerja sama dan siap memfasilitasi kerja-kerja Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di wilayah setempat, sebagai upaya mensukseskan pelaksanaan Pilkada serentak  2024.

Salah satu bentuk dukungan itu adalah dengan memberikan dukungan berupa penyediaan sarana prasarana sekretariat PPK dan PPS, kata Kepala Kesbangpol Kobar Edie Faganti di Pangkalan Bun, Rabu.

"Terutama dalam hal penggunaan fasilitas daerah di kantor Kecamatan, Kelurahan dan juga desa, dukung fasilitas miliki pemerintah ini tanpa adanya pungutan biaya apapun," tambahnya.

Hal itu disampaikannya, saat dirinya menghadiri langsung acara rapat koordinasi dukungan Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2024, di ballroom hotel Brits Pangkalan Bun.

Edie mengatakan, Pemkab Kobar berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh dalam menyukseskan pelaksanaan Pilkada. Baik itu dalam hal kelancaran pelaksanaan tugas, wewenang, serta kewajiban penyelenggaraan pilkada sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

"Mungkin pada pelaksanaan Pilkada akan menghadirkan berbagai gejolak di masyarakat. Oleh karena itu, dibutuhkan peran penting dari penyelenggara untuk menciptakan harmonisasi di tengah masyarakat," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Kobar bangun lapangan voli berstandar Nasional

Kepala Kesbangpol Kobar itu pun mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten setempat, agar dapat menjadi agen perubahan yang positif bagi terciptanya pilkada yang damai. Sebab, pilkada yang sukses dan berintegritas tentu ditopang oleh penyelenggara yang berintegritas.

"Keberhasilan pelaksanaan pemilu tidak lepas dari peranan penyelenggara yang profesional, berintegritas, berkomitmen dan berdedikasi, oleh karenanya peranan dari masyarakat sangat di perlukan," ungkapnya.

Pada kegiatan tersebut juga di lakukan penyerahan naskah hibah BMN KPU wilayah setempat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Barat.

Baca juga: Pemkab Kobar apresiasi partisipasi masyarakat dalam pembinaan generasi muda

Baca juga: Penjabat Bupati Kobar pastikan tindak tegas pegawai terlibat judi online

Baca juga: Dishub Kobar siapkan rekayasa lalu lintas saat acara Kalteng Bersholawat

Pewarta : Safitri RA
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024