Kuala Kurun (ANTARA) -
Penjabat Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Herson B Aden mendorong Bandara Kuala Kurun membuka rute penerbangan baru, khususnya dari Kuala Kurun menuju Palangka Raya dan sebaliknya.
 
“Berdasarkan informasi yang disampaikan pihak Bandara Kuala Kurun, sampai saat ini penerbangan rute Kuala Kurun-Palangka Raya masih belum ada,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Selasa.
 
Dia menyebut Bandara Kuala Kurun baru memiliki satu rute penerbangan perintis, yakni dari Kuala Kurun-Banjarmasin Kalimantan Selatan atau sebaliknya. Penerbangan rute ini dijadwalkan setiap Senin dan Kamis.
 
Pemerintah Kabupaten Gumas, tutur dia, selalu memberikan dukungan kepada Bandara Kuala Kurun dalam upaya memajukan industri penerbangan, khususnya industri penerbangan di daerah setempat.
 
“Pemkab Gumas siap mendukung Bandara Kuala Kurun, demi pengembangan bandara, baik dari sisi fasilitas, sarana prasarana, dan lainnya. Tujuannya tak lain adalah agar ke depan bandara bisa lebih baik lagi,” jelasnya.
 
Herson membeberkan dirinya juga telah berkunjung ke Bandara Kuala Kurun pada Senin (15/7). Saat itu dia diterima langsung Kepala Bandara Kuala Kurun Darsono dan jajaran.

Baca juga: Guru diminta berpartisipasi sukseskan Pilkada 2024 di Gumas
 
Sementara itu, Kepala Bandara Kuala Kurun Darsono melalui Kepala Sub Seksi Operasional Topan Vernando menyampaikan, jadwal untuk rute penerbangan Kuala Kurun-Palangka Raya sudah direncanakan dan diusulkan ke Kementerian Perhubungan, Direktorat Angkutan Udara.
 
Menurut dia, rute penerbangan Kuala Kurun-Palangka Raya yang direncanakan dan diusulkan tadi juga telah disetujui Direktorat Angkutan Udara pada 2025.
 
Lebih lanjut, saat ini Bandara Kuala Kurun memiliki rute penerbangan perintis Kuala Kurun-Banjarmasin atau sebaliknya, setiap Senin dan Kamis, dengan harga tiket yang berbeda.
 
“Untuk harga rute Kuala Kurun-Banjarmasin adalah sekitar Rp322 ribu, sedangkan harga tiket rute Banjarmasin-Kuala Kurun adalah sekitar Rp416 ribu,” demikian Topan Vernando.

Baca juga: Pj Bupati Gumas ingatkan sekolah aktif mutakhirkan Dapodik

Baca juga: Pj Bupati Gumas: Pendidikan karakter harus terus diperkuat sejak SD

Baca juga: WHDI Gumas diminta konsisten selalu hadir di tengah masyarakat

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024