Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memberikan bantuan berupa santunan bagi anak yatim piatu di seluruh kabupaten dan kota sebesar Rp500 ribu per anak.
 
"Mereka (anak yatim) adalah amanah bagi kita. Mereka adalah bagian dari masyarakat yang memerlukan perhatian, kasih sayang, dan dukungan dari kita semua," kata Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo di Palangka Raya, Rabu.
 
Menurutnya, pemberian santunan serta paket sembako kepada anak yatim piatu se-Kalimantan Tengah ini sekaligus wujud nyata kepedulian pemerintah provinsi kepada masyarakat.
 
"Semoga bantuan ini dapat meringankan beban dan memberikan semangat bagi yatim piatu untuk terus berprestasi dan meraih cita-cita," ujarnya.
 
Setiap anak yang berhak menerima santunan, selain uang tunai Rp500 ribu, juga mendapatkan paket sembako yang meliputi beras 10 kilogram, minyak goreng, gula pasir, susu, serta lainnya.

Baca juga: Optimalkan digitalisasi, Pemprov Kalteng-Iwapi kolaborasi tingkatkan perekonomian
 
Adapun berdasarkan data yang direkap Pemprov Kalteng ada sekitar 2.130 anak yatim/piatu terdata dari seluruh kabupaten dan kota di provinsi setempat.
 
Lebih lanjut disampaikannya, umat Islam memperingati Hari Anak Yatim pada 10 Muharram 1446 Hijriah dan diketahui bersama, Muharram menandai awal Tahun Baru Islam yang merupakan momentum tepat untuk merenungkan kembali nilai-nilai keislaman dan kemanusiaan yang luhur.
 
Edy Pratowo mengatakan, Muharram memiliki makna yang sangat mendalam, yakni umat Islam diajarkan meningkatkan amal ibadah dan berbuat kebajikan, terutama kepada mereka yang membutuhkan seperti halnya anak-anak yatim dan piatu.
 
"Mari kita jadikan momentum bulan Muharram ini, sebagai titik tolak untuk meningkatkan ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT, dengan meneladani perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menegakkan kebenaran dan keadilan," jelasnya.

Baca juga: Pemkab Seruyan-Pemprov kolaborasi wujudkan keterbukaan informasi publik

Baca juga: Kalteng konsisten implementasikan budaya K3 wujudkan tenaga kerja unggul

Baca juga: Wagub Kalteng: Empat penjabat kepala daerah konsultasi terkait pengunduran diri

Pewarta : Muhammad Arif Hidayat
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024