Kuala Kurun (ANTARA) -
Penjabat Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Herson B Aden menyoroti realisasi APBD kabupaten triwulan II tahun anggaran 2024 yang belum mencapai 50 persen.
 
Realisasi yang belum mencapai 50 persen menggambarkan kinerja perangkat daerah belum optimal, ucapnya saat membuka rapat koordinasi pengendalian dan evaluasi realisasi pelaksanaan APBD Gumas triwulan II 2024 di Kuala Kurun, Rabu.
 
“Hingga triwulan II 2024, realisasi pendapatan daerah adalah sebesar 46,62 persen, sedangkan belanja daerah sebesar 36,86 persen. Target penyerapan anggaran triwulan II seharusnya minimal 50 persen,” sambung dia.
 
Dia menyebut bahwa rakordalev yang dilaksanakan ini hendaknya bisa menjadi momentum penting, untuk mengkaji, mengevaluasi, dan mengendalikan berbagai kegiatan yang telah dan sedang dilaksanakan.
 
Koordinasi antar perangkat daerah dan pemangku kepentingan sangat krusial, dalam memastikan keselarasan, efisiensi, dan efektivitas pelaksanaan program-program strategis yang telah direncanakan.
 
Dia pun meminta kepada perangkat daerah agar meningkatkan kualitas dari perencanaan penganggaran, meningkatkan disiplin pelaksanaan anggaran, melakukan percepatan pengadaan barang/jasa, meningkatkan efisiensi dan efektivitas belanja, serta meningkatkan monitoring dan evaluasi.
 
Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah Gumas, Yantrio Aulia menyampaikan bahwa tujuan rakordalev adalah menyampaikan data capaian target anggaran pendapatan dan penerimaan daerah sampai triwulan II 2024.
 
Tujuan lainnya adalah menyampaikan data capaian belanja daerah, baik yang bersumber dari DAU, DAK Fisik dan Non Fisik serta Dana Desa, baik keuangan dan fisiknya sampai dengan triwulan II 2024.

Baca juga: Pemkab Gumas tingkatkan peran tokoh agama perkuat kerukunan umat beragama
 
Kemudian menyampaikan data realisasi keuangan dan fisik proyek strategis tahun 2024 serta pemenuhan SPM, serta menyampaikan kendala permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan.
 
“Peserta rapat adalah tamu undangan dari unsur forkopimda, seluruh pejabat eselon II di lingkup Pemkab Gumas, seluruh camat, pejabat eselon III dan pejabat fungsional yang terundang,” demikian Yantrio.
 
Baca juga: Puskesmas Tewah perlu penambahan dokter dan ruang rawat inap

Baca juga: Pj Bupati minta seluruh camat se-Gumas bekerja optimal hadapi Pilkada 2024

Baca juga: Pj Bupati Gumas pastikan dukung pengembangan Tahura Lapak Jaru

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024