Kuala Kurun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Herson B Aden menilai sekaligus mengakui Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tewah di Kecamatan Tewah, masih memerlukan penambahan dokter dan ruang rawat inap.

Penilaian itu setelah saya pada tanggal 16 Juli 2024 melakukan kunjungan kerja ke Puskesmas Tewah, ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu.

"Saya melihat sekarang ini perlu ada penambahan dokter dan ruang rawat inap di Puskesmas Tewah," ucapnya.

Dikatakan, Puskesmas Tewah merupakan puskesmas rawat inap, yang melayani masyarakat dari belasan desa/kelurahan yang ada di Kecamatan Tewah. Puskesmas tersebut hanya memiliki dua dokter.

Keberadaan dua dokter dipandang masih kurang, mengingat Tewah merupakan salah satu kecamatan di Gumas dengan jumlah penduduk yang padat. Setidaknya puskesmas itu masih memerlukan tambahan dua hingga tiga dokter.

Dalam kunjungan tersebut, Herson juga melihat ruang inap di Puskesmas Tewah terisi penuh. Artinya jika ada pasien baru yang memerlukan rawat inap maka akan terkendala karena ruangan sudah terisi penuh."

Saat saya berkunjung ke Puskesmas Tewah, di sana ada tujuh ruang inap dan ternyata semua sudah terisi. Jadi jumlah ruang rawat inap di puskesmas tersebut memang perlu ditambah," beber Herson.

Baca juga: Pj Bupati minta seluruh camat se-Gumas bekerja optimal hadapi Pilkada 2024

Oleh sebab itu, dia menilai perlu penambahan dokter dan ruang rawat inap di Puskesmas Tewah. Tujuannya tak lain adalah supaya masyarakat mendapat pelayanan yang maksimal.

Untuk diketahui, Pj Bupati Gumas melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Tewah dan Kecamatan Kahayan Hulu Utara pada Selasa (16/7). Di Kecamatan Tewah, Herson melakukan kunker ke sejumlah sekolah, puskesmas, dan kantor kecamatan.

Turut mendampingi sejumlah kepala perangkat daerah di lingkup Pemkab Gumas seperti Kepala Dinas Kesehatan Arnold, Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Aprianto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Baryen, dan lainnya.

Baca juga: Pj Bupati Gumas pastikan dukung pengembangan Tahura Lapak Jaru

Baca juga: Pj Bupati Gumas dorong bandara buka penerbangan Kuala Kurun-Palangka Raya

Baca juga: Guru diminta berpartisipasi sukseskan Pilkada 2024 di Gumas


Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024