Kuala Kurun (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Herson B Aden mengingatkan sekaligus meminta kepada para camat di kabupaten setempat, agar bekerja secara optimal, khususnya menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Camat harus bekerja optimal, bersama-sama dengan TNI, Polri, dan pemangku kepentingan lainnya, khususnya menghadapi pilkada yang tidak lama lagi akan dilaksanakan," kata Herson saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu.

Dalam menghadapi Pilkada 2024, tutur dia, camat sebagai ujung tombak pemerintahan di tingkat kecamatan hendaknya selalu menjaga netralitas dengan cara tidak memihak ke salah satu pasangan calon peserta pilkada.

Hal ini tidak hanya berlaku kepada camat, namun juga lurah se-kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

"Netralitas harus benar-benar dijaga, supaya suasana keamanan dan ketertiban masyarakat selalu kondusif," tegas Herson.

Di sisi lain, dia juga meminta kepada camat dan lurah se-Gumas, agar lebih proaktif dalam mengajak masyarakat, agar menggunakan hak pilih pada hari H nanti yakni pada 27 November 2024.

"Yang harus diingat, camat dan lurah hanya sebatas mengajak masyarakat agar menggunakan hak pilih, bukan mengarahkan masyarakat agar memilih salah satu pasangan calon peserta pilkada," pintanya.

Hal itu juga telah disampaikan Herson saat melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Tewah. Dalam kunjungan kerja tersebut, dia menyempatkan diri berdiskusi terkait berbagai hal dengan pihak kecamatan, termasuk pilkada.

Baca juga: Pj Bupati Gumas pastikan dukung pengembangan Tahura Lapak Jaru

"Camat saya ingatkan agar jangan memihak ke salah satu pasangan calon peserta pilkada, begitu juga lurah. Kalau memihak nanti akan disemprit oleh Pak Koramil dan Pak Kapolsek," kata Herson.

Untuk diketahui, Pj Bupati Gumas melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Tewah dan Kahayan Hulu Utara. Sesuai agenda, Pj Bupati Gumas dijadwalkan berkunjung ke sejumlah sekolah, pusat kesehatan masyarakat, dan lainnya.

Dalam kunjungannya tersebut Herson juga didampingi sejumlah kepala perangkat daerah di lingkup Pemkab Gumas, seperti Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Aprianto, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Baryen, dan lainnya.

Baca juga: Pj Bupati Gumas dorong bandara buka penerbangan Kuala Kurun-Palangka Raya

Baca juga: Guru diminta berpartisipasi sukseskan Pilkada 2024 di Gumas

Baca juga: Pj Bupati Gumas ingatkan sekolah aktif mutakhirkan Dapodik


Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024