Kuala Kurun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) berupaya meningkatkan peran tokoh agama guna memperkuat kerukunan umat beragama di daerah setempat.

Tujuannya tak lain untuk memperkuat toleransi antarumat beragama serta memastikan Gumas selalu moderat, kata Penjabat (Pj) Bupati Herson B Aden melalui Kepala Badan Kesbangpol Sugiarto di Kuala Kurun, Rabu.

"Pembinaan kerukunan umat beragama tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun juga berbagai pihak lainnya termasuk tokoh agama," sambung dia.

Pemkab Gumas pun berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan peran tokoh agama, guna memperkuat kerukunan umat beragama. Tokoh agama yang dimaksud adalah mereka yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kabupaten.

FKUB Gumas telah terbentuk sejak beberapa waktu lalu. Forum ini terdiri dari sejumlah tokoh agama dari berbagai agama yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.

Dalam upaya meningkatkan peran tokoh agama memperkuat kerukunan umat beragama, Badan Kesbangpol Gumas telah melakukan sosialisasi kerukunan umat beragama, dengan melibatkan FKUB dan pemangku kepentingan lainnya. Sosialisasi dilakukan di Kecamatan Manuhing pada Kamis (11/7).

Sementara itu, Kepala Bidang Ideologi, Wawasan Kebangsaan, Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya Nasional dan Agama di Badan Kesbangpol Gumas, Tety Yusnani menyampaikan, sosialisasi tersebut bertujuan untuk menyatukan persepsi tentang perlunya kerukunan antarumat beragama.

Baca juga: Puskesmas Tewah perlu penambahan dokter dan ruang rawat inap

"Tujuan lainnya adalah memfasilitasi FKUB Gumas untuk melakukan dialog aktif bersama para kepala desa, lurah, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), serta para tokoh di wilayah Kecamatan Manuhing," papar dia.

Sosialisasi, sambung dia, dihadiri oleh 40 peserta yang terdiri dari kepala desa, lurah, anggota BPD, serta para tokoh di Kecamatan Manuhing. Sebagai narasumber yakni dari Kementerian Agama Gumas dan FKUB Gumas.

"Ke depan kami berharap kerukunan umat beragama di Kalteng, khususnya Gumas dapat lebih meningkat, dan umat beragama tidak mudah dipengaruhi oleh pihak luar, terutama pengaruh yang bernuansa perpecahan," demikian Tety.

Baca juga: Pj Bupati minta seluruh camat se-Gumas bekerja optimal hadapi Pilkada 2024

Baca juga: Pj Bupati Gumas pastikan dukung pengembangan Tahura Lapak Jaru

Baca juga: Pj Bupati Gumas dorong bandara buka penerbangan Kuala Kurun-Palangka Raya


Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024