Puruk Cahu (ANTARA) -
Ribuan peserta yang terdiri dari pelajar dari berbagai tingkatan pendidikan, umum, organisasi masyarakat maupun keagamaan di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah berpartisipasi memeriahkan Pawai Akbar Muharam Tahun Baru Islam 1446 Hijriah yang dilaksanakan di depan Masjid Agung Al Istiqlal Puruk Cahu, Sabtu.

Penjabat Bupati Murung Raya Hermon berharap agar perayaan tahun baru Islam tidak hanya menjadi seremoni, tetapi juga momentum untuk merefleksikan diri dan memperbaharui komitmen dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.
 
"Saya berharap seluruh masyarakat Murung Raya untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan keagamaan dan sosial yang dapat mempererat tali silaturahmi. Saya yakin dengan memperkuat moderasi beragama, Murung Raya dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam hal toleransi dan kerukunan umat beragama," tuturnya.
 
Dengan semangat tahun baru Islam 1446 Hijriah, Hermon berharap Murung Raya semakin maju dan sejahtera, serta tetap harmonis dalam keberagaman yang ada. Melalui moderasi beragama, diharapkan masyarakat dapat bersama-sama membangun daerah yang lebih baik dan berkelanjutan.
 
Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Murung Raya Rejikinoor mengatakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun tersebut, dalam rangka merayakan tahun baru Islam yang semua peserta pawai mengenakan berbagai ornamen dan busana muslim yang berwarna-warni untuk menambah semarak suasana perayaan.
 
"Pawai ini tidak hanya menjadi ajang untuk merayakan tahun baru Islam, tetapi juga sebagai sarana memperkuat tali silaturahmi antar warga dan meningkatkan semangat keagamaan di kalangan masyarakat Murung Raya," ujarnya.

Baca juga: Heriyus-Rahmanto bersiap hadapi Pilkada Murung Raya
 
Rejikinoor yang merupakan Wakil Bupati Murung Raya periode 2018-2023 juga menyampaikan pawai ini tetap dipertahankan sebagai tradisi tahunan yang diharap semakin meriah dan melibatkan lebih banyak peserta di tahun-tahun mendatang.
 
"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dan mendukung terlaksananya acara ini, terutama pemerintah daerah, khususnya Penjabat Bupati Murung Raya yaitu Bapak Hermon," katanya.
 
Rejikinoor menyampaikan semangat kebersamaan dan kegembiraan terlihat jelas di wajah para peserta, mencerminkan betapa pentingnya nilai-nilai kebersamaan dan keagamaan dalam kehidupan masyarakat Murung Raya.
 
Untuk memberi semangat para peserta, Rejikinoor menambahkan pihaknya bersama para donatur menyediakan bermacam hadiah, baik itu berupa uang dan peralatan elektronik untuk kelompok peserta pawai terbaik maupun melalui pengundian kupon berhadiah.

Baca juga: Waket DPRD Mura apresiasi Polres dapat penghargaan dari Kompolnas

Baca juga: KPU Mura siap laksanakan rekomendasi Bawaslu terkait gugatan pilkada

Baca juga: Satu orang caleg terpilih di Murung Raya mengundurkan diri

Pewarta : Supriadi
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024