Pulang Pisau (ANTARA) -
Penjabat Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Nunu Andriani memastikan setiap anak di kabupaten setempat harus mendapatkan imunisasi polio, agar menciptakan anak-anak yang tumbuh berkembang dan terjaga kesehatannya untuk mewujudkan generasi emas di masa mendatang.
 
“Pekan Imunisasi Nasional (PIN) bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) pada 23 Juli, diharap anak-anak kita menjadi anak yang sehat dan memiliki daya saing serta mampu menghadapi tantangan ke depan,” kata Nunu Andriani di Pulang Pisau, Selasa.
 
Dia mengatakan terciptanya anak yang sehat menjadi harapan. Anak yang sehat akan mudah menempuh pendidikan sehingga bisa melahirkan pemimpin-pemimpin berikutnya untuk membawa kabupaten setempat lebih maju dan lebih baik lagi.
 
Melalui Dinas Kesehatan, terang Nunu Andriani, imunisasi polio ini diwajibkan kepada anak berusia 0-7 tahun. Masyarakat bisa mendapat layanan imunisasi polio di setiap Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya seperti Pustu, Posyandu, Poskesdes, dan bisa melalui satuan pendidikan lainnya untuk memastikan anak-anak terlayani imunisasi.
 
Pencanangan PIN polio yang dilaksanakan di Puskesmas Tahai Kecamatan Maliku, paparnya, sebagai upaya memutus mata rantai penularan polio dan juga merupakan sarana sosialisasi, dan komunikasi secara masif dalam mengkampanyekan cegah polio di Pulang Pisau.
 
“Ini menjadi momentum yang sangat baik untuk kita manfaatkan secara optimal, dengan harapan PIN polio ini dapat mendorong seluruh masyarakat dalam menggalakkan dan mengintensifkan pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat untuk dalam menciptakan Kabupaten Pulang Pisau yang sehat,” ucapnya.

Baca juga: Eks bendahara Kesbangpol Pulang Pisau ditetapkan tersangka korupsi
 
Dirinya mengingatkan kepada masyarakat khususnya para orang tua yang memiliki anak-anak usia 0-7 tahun mendapatkan inunisasi ini, mengingat virus polio dapat mengakibatkan kelumpuhan permanen bahkan menyebabkan kematian.

Pemberian imunisasi polio ini dilaksanakan dua putaran, dimana putaran pertama dimulai tanggal 23-29 Juli 2024 dan putaran kedua dilaksanakan mulai tanggal 6-12 Agustus 2024.
 
“Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau berkomitmen memberikan layanan kesehatan yang terbaik bagi generasi emas Indonesia dengan menggelar PIN Polio ini,” demikian Nunu Andriani.

Baca juga: Sebanyak 28 KK di Pulpis dapat bantuan program perbaikan rumah

Baca juga: Atlet Pulang Pisau diingatkan jaga sportivitas di Selekda Pra Popnas

Baca juga: Perkara narkoba di Pulang Pisau meningkat setiap tahun

Pewarta : Adi Waskito
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024