Puruk Cahu (ANTARA) -
Kafilah Kecamatan Murung sukses meraih gelar juara umum pada kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) X tingkat Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah yang digelar sejak 22 hingga 24 Juli 2024 di Kelurahan Tumbang Lahung Kecamatan Permata Intan.
 
Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Murung Raya Rudie Roy sebelum menutup semua rangkaian MTQ X mengapresiasi serta berterima kasih kepada panitia karena telah dianggap maksimal menyelenggarakan kegiatan tersebut.
 
“Juga terima kasih kepada semua pihak terkait karena MTQ ini kami anggap cukup sukses serta didukung juga oleh masyarakat Kecamatan Permata Intan, khususnya warga Kelurahan Tumbang Lahung,” kata Rudie.
 
Dia menyampaikan, MTQ yang dimaksudkan sebagai corong syiar Islam diharap bisa tersampaikan tujuan serta manfaatnya dalam rangka menjadikan generasi yang berakhlak sesuai dengan tuntunan Al Quran.
 
“Semoga apa yang kita harapkan melalui MTQ ini tersampaikan. Untuk kegiatan MTQ berikutnya yang direncanakan di Kecamatan Seribu Riam saya harapkan dipersiapkan dengan matang agar minimal bisa sukses seperti MTQ tahun ini,” ujarnya.
 
Ketua Panitia MTQ X Kabupaten Murung Raya Dommy J.E Dinata menyampaikan terima kasih kepada semua kafilah masing-masing kecamatan yang telah berpartisipasi serta memeriahkan MTQ tahun ini yang dari awal pembukaan sampai penutupan berjalan sesuai harapan.
 
"Selama MTQ tersebut tidak ada kendala yang dihadapi, baik itu dari segi keamanan, ketertiban hingga kesehatan para kafilah, sehingga kegiatan berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir," ucapnya.

Baca juga: Sekda Kalteng hadiahkan tiga paket umroh pada MTQ Murung Raya
 
Atas kelancaran MTQ itu, Dommy yang juga merupakan Camat Permata Intan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan, baik itu kepada pemerintah daerah, kantor kementerian agama, LPTQ kabupaten serta pihak terkait hingga masyarakat yang mendukung penuh kegiatan tersebut.
 
Sementara itu, raihan gelar juara umum dalam gelaran MTQ X, setelah menurut penilaian para dewan hakim Kecamatan Murung berhasil meraih nilai tertinggi, yaitu 78 dibandingkan sembilan kecamatan lain.
 
Adapun menyusul sebagai juara kedua adalah Kecamatan Permata Intan dengan nilai 75, juara ke tiga Kecamatan Sumber Barito memperoleh nilai 31, juara ke empat Kecamatan Sungai Babuat yang mendapatkan nilai 29 serta juara ke lima diraih oleh Kecamatan Tanah Siang Selatan dengan memperoleh nilai 22.
 
Hadir dalam kegiatan penutupan tersebut Wakil Ketua II DPRD Murung Raya Rahmanto Muhidin, Kepala Kemenag Murung Raya Marjuki Rahman, Ketua LPTQ Kabupaten Murung Raya Rejikinoor, perwakilan Polres, Perwakilan Dandim serta tamu undangan lainnya.

Baca juga: Pemkab Mura apresiasi KNPI berpartisipasi aktif siapkan pemuda berdaya saing

Baca juga: Dua anggota DPRD Mura janjikan hadiah tiga tiket ibadah umroh untuk peserta MTQ

Baca juga: Penjabat Bupati Murung Raya ingin MTQ cetak kafilah terbaik

Pewarta : Supriadi
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024