Tamiang Layang (ANTARA) - Bakal calon Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Ariantho S Muler berpasangan dengan Ahmadi, mendeklarasikan diri  maju dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024 di kabupaten setempat.

"Deklarasi sengaja dilakukan di Tugu Putut Jari Manang karena mengambil sejarah perjuangan dari pendirian kabupaten ini," kata Arianto S Muler didampingi Ahmadi di Desa Karang Langit, Selasa.

Apalagi, lanjut dia, Tugu tersebut berada di Desa Karang Langit  yang juga memiliki sejarah dan filosofi perjuangan dan pengorbanan para pejuang dan tokoh-tokoh masyarakat yang bersatu untuk menyatukan tekad, bagaimana mensejahterakan masyarakat di Barito Timur. Maka diadakan kesepakatan bersama sehingga lahirlah Piagam Karang Langit pada tanggal 24 Januari 1964 yang ditandatangani 45 orang.

"Melihat dari, perjuangan dan pengorbanan dari para pendiri dan keluarga mereka untuk mewujudkan Kabupaten Barito Timur. Tanpa ada mereka, Barito Timur tidak akan ada. Tidak ada pula Pilkada," ucapnya.

Dia pun menegaskan dengan segenap partai pengusung dan pendukung, relawan rakyat bersatu yang datang ke tempat ini, untuk melakukan deklarasi. Sebab, dengan bisa berkumpul bersama-sama dengan tim kemudian hari ini, bisa mengingat dari apa yang sudah diperjuangkan oleh para pendiri Kabupaten Barito Timur. 

"Perjuangan itu akan terpatri di dalam hati dan Ariantho bersama Ahmadi menegaskan bahwa pihaknya akan ikhlas dan tulus untuk memperjuangkan apa yang menjadi cita-cita besar para pendiri Kabupaten Barito Timur," tegas Arianto S Muller.

Baca juga: Jelang Pilkada 2024, Wagub Kalteng minta ASN jaga netralitas

Cita-cita utama yakni bisa mendekatkan pelayanan dari pemerintah dengan masyarakatnya, sehingga tidak ada batasan, sehingga bagaimana permasalahan-permasalahan masyarakat itu bisa diselesaikan oleh pemerintah.

"kami akan meneruskan apa yang menjadi cita-cita perjuangan para pendiri Kabupaten Barito Timur ini dengan keadilan tanpa membedakan suku agama ras dan golongan, kami ingin merangkul semua," demikian Ariantho.

Pasangan Ariantho S Muler dan Ahmadi mendapat dukungan dari Partai Perindo dan PPP untuk maju pada Pilkada Bartim 2024. Dukungan juga datang dari Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Garuda, dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) serta Relawan Rakyat Bersatu.

Baca juga: Ketua KPU Barsel akui tiga paslon ada rencana mendaftar Pilkada 2024

Baca juga: KPU Kapuas simulasikan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati

Baca juga: Erlin Hardi-Alberkat Yadi deklarasi maju di Pilkada Kapuas

Pewarta : Habibullah
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024