Tamiang Layang (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, Satya Hedipuspita mengatakan, hingga pendaftaran berakhir pada Kamis pukul 23.59 WIB, hanya ada tiga pasangan calon yang mendaftarkan diri ke KPU setempat.

“Kita pastikan bahwa hanya ada tiga pasangan calon saja yang mendaftarkan,” kata Ketua KPU Bartim Satya Hedipuspita di Tamiang Layang, Jumat pagi.

Menurutnya, ketiga pasangan tersebut yakni Ariantho S Muler-Ahmadi, Pancani Gandrung – Raran dan M Yamin-Adie Garoe. Berita acara telah dibuat dan ditandatangani bersama, dengan disaksikan Bawaslu Barito Timur.

“Setelah penandatanganan, kita langsung kirim dan saya bersama para komisioner lainnya sudah berada di Palangka Raya,” kata Satya.

Satya bersama komisioner lainnya menyatakan telah berada di Palangka Raya untuk melihat, meninjau dan berkoordinasi langsung dengan pihak RSUD dr Doris Sylvanus terkait pemeriksaan kesehatan paslon.

Baca juga: Hari terakhir pendaftaran, KPU Bartim terima pendaftaran M Yamin - Adi Garoe

“Yang kami ketahui saat ini, pemeriksaan kesehatan ada 13 jenis pemeriksaan dan tidak mungkin bisa selesai dalam satu hari. Kami akan berkoordinasi lagi pagi ini dengan pihak rumah sakit,” kata Satya.

Satya menjelaskan, setelah pemeriksaan kesehatan para pasangan calon maka tahapan pilkada Bartim 2024 selanjutnya yakni penetapan pasangan calon sebagai peserta Pilkada 2024 dan penetapan nomor urut pasangan calon.

“Berkaitan terkait mekanisme kampanye, KPU Barito Timur akan menyampaikan melaluinya kepada LO maupun partai pengusung paslon,” kata Satya.

Satya mengingatkan agar pasangan calon baik partai pengusung dan pendukung lainnya untuk tidak membuat kegaduhan maupun ujaran kebencian yang nanti bisa merugikan pasangan calon lainnya, karena hal tersebut dilarang. 

Satya berharap selama proses Pilkada 2024 berlangsung, Kabupaten Barito Timur selalu aman dan kondusif dan selalu menciptakan keharmonisan.

Baca juga: KPU Bartim terima pendaftaran dua paslon peserta pilkada

Baca juga: Pemkab Bartim siapkan 17 stan UMKM di FBNJ 2024

Baca juga: Tidak ada pendaftar di hari pertama pendaftaran peserta Pilkada Bartim


Pewarta : Habibullah
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024