Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, memberikan pelatihan kewirausahaan kepada sejumlah pemuda di daerah setempat.

“Pemkab Kapuas terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi dari para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Setda Kapuas, Vitrianson di Kuala Kapuas, Jumat.

Pihaknya yakin pemberdayaan terhadap pemuda menjadi sesuatu yang penting dan bernilai strategis, mengingat pemuda memiliki peran signifikan dalam penguatan struktur ekonomi, pengentasan kemiskinan, dan perluasan kesempatan kerja.

Hal itu disampaikannya, saat membuka kegiatan pelatihan Kewirausahaan bagi pemuda tahun 2024 tingkat Provinsi Kalteng, di salah satu aula hotel di Kuala Kapuas.

Baca juga: Dealdo-Ismeth peserta kelima daftar maju Pilkada Kapuas

Lebih lanjut, Asisten II mengatakan para peserta pelatihan ini dituntut untuk lebih kreatif, inovatif, dan tekun dalam mengolah potensi sumber daya daerah, sehingga produk-produk yang dihasilkan dapat menjadi produk ikonik masing-masing wilayah yang ada di kabupaten setempat.

Pelatihan kewirausahaan merupakan salah satu langkah strategis untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap potensi dan kekayaan daerah, dengan menggali dan mempromosikan produk inovatif dan kreatif berbasis sumber daya lokal yang bersifat khas daerah, sehingga kedepannya mampu bersaing serta menembus pasar global.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Kabupaten Kapuas Apollonia, melalui Kepala Bidang Kepemudaan dan Olah Raga, Zakiah Faridah mengatakan, bahwa pelatihan ini merupakan kegiatan kolaborasi antara Dispora Provinsi Kalteng dengan Disparbudpora Kabupaten Kapuas.

“Pelatihan ini, diberikan dalam rangka untuk meningkatkan peran signifikan dalam penguatan struktur ekonomi, pengentasan kemiskinan, dan perluasan kesempatan kerja bagi pemuda di Kapuas,” demikian Zakiah Faridah.

Baca juga: Pasangan muda Dealdo-Ismeth peserta terakhir daftar ke KPU maju di Pilkada Kapuas

Baca juga: Alfian-Agati janji lanjutkan pembangunan yang belum tuntas di Kapuas

Baca juga: Pangeran Syarif-Tommy peserta ketiga mendaftar ke KPU Kapuas


Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024