Kuala Kapuas (ANTARA) -
Legislator Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah Thosibae Limin mengapresiasi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) yang melaksanakan sosialisasi pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.
 
“Langkah ini sangat penting dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait peran Bawaslu dalam mengawasi proses pemilu, khususnya pemilihan kepala daerah,” kata Thosibae Limin di Kuala Kapuas, Rabu.
 
Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menilai sosialisasi tatap muka ini lebih efektif dalam menyampaikan informasi dibandingkan dengan metode lain, karena masyarakat dapat langsung bertanya dan mendapat penjelasan rinci.
 
Selain itu, sambungnya, kegiatan ini juga dinilai mampu mendekatkan Bawaslu kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat lebih memahami mekanisme pengawasan serta turut berperan aktif dalam menjaga integritas proses pemilu.
 
Wakil rakyat yang terpilih kembali dari Daerah pemilihan (Dapil) Kapuas I Kecamatan Selat ini, juga menekankan pentingnya keterlibatan semua pihak, termasuk masyarakat, untuk memastikan pemilu berjalan secara jujur, adil, dan transparan.
 
“Dengan adanya sosialisasi seperti ini, saya berharap tingkat partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu dapat meningkat, sehingga potensi kecurangan dan pelanggaran dapat diminimalisir,” jelasnya.

Baca juga: Pj Bupati Kapuas komit penuhi percepatan digitalisasi arsip penting
 
Selain itu, Thosibae mengajak seluruh elemen masyarakat mendukung Bawaslu dalam melaksanakan tugasnya. Dengan adanya kerja sama yang baik antara Bawaslu, pemerintah, dan masyarakat, pelaksanaan pemilu kepala daerah di Kapuas diyakini berjalan lebih lancar dan demokratis.
 
Sebelumnya, acara sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam mengawasi jalannya Pilkada.
 
“Sehingga dapat tercipta Pemilu yang demokratis dan berintegritas di Kabupaten Kapuas,” kata Ketua Bawaslu Kapuas Iswahyudi Wibowo.
 
Dia mengharapkan para peserta yang hadir dapat menyebarluaskan informasi dan pengetahuan yang diperoleh selama kegiatan ini kepada masyarakat luas.
 
“Sehingga pengawasan pilkada bisa dilakukan secara menyeluruh dan efektif," jelasnya.

Baca juga: Legislator Kapuas apresiasi pasar murah bantu ringankan beban masyarakat

Baca juga: Terapkan aplikasi Srikandi, Pemkab Kapuas terima penghargaan dari ANRI

Baca juga: Semarak lomba DWP DPMD Kapuas tumbuhkan semangat kebersamaan

Pewarta : All Ikhwan
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024