Palangka Raya (ANTARA) - Dua unit kios di Jalan Bukit Keminting VII, Kelurahan Palangka, Kecamatan Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, nyaris hangus dilahap si jago merah usai diduga sengaja dibakar oleh orang tak dikenal (OTK), Minggu (8/9) sekitar pukul 01.17 WIB.

"Sebelumnya sekitar pukul sebuah kios kosong yang lama ditinggal pemiliknya di jalan yang sama hampir hangus terbakar pada Sabtu (7/9/2024) sekitar pukul 22.58 WIB, namun api berhasil dipadamkan warga," kata Koordinator Call Center 112 Palangka Raya, Sucipto.

Tak berselang lama, sekitar pukul 01.17 WIB pihaknya kembali menerima laporan dari warga terkait adanya kios makanan yang terbakar di Jalan yang sama, yakni Jalan Bukit Keminting VII.

Berdasarkan keterangan pemilik kios, kejadian tersebut berawal pada saat pemilik kios mencium adanya bau asap dari bagian luar rumah.

"Pada saat diperiksa, ternyata pada pintu kios di bagian belakang api telah menyala dan mulai membakar kios yang berkonstruksi kayu," ucapnya.

Sucipto menceritakan, pemilik kios kemudian membangunkan keluarganya yang pada saat kejadian tengah tertidur pulas, serta bergegas meminta pertolongan warga sekitar.

Beruntungnya atas bantuan warga sekitar api dapat dipadamkan dan tidak sampai membakar kios tersebut. Namun ada keganjilan terjadi. Saat pemilik kios tengah memadamkan api, dia melihat ada seorang pria yang berlari dari bagian belakang kios miliknya.

"Kemudian pemilik kios bersama warga berusaha mengejar OTK (orang tidak dikenal) tersebut, namun kehilangan jejak dan OTK tersebut berhasil melarikan diri," ujar Sucipto.

Kejadian inilah yang kemudian memunculkan dugaan ada orang yang sengaja hendak membakar. Dugaan itu semakin kuat lantaran setelah api berhasil dipadamkan, terdapat barang bukti yang mengarah pada kebakaran tersebut diduga sengaja dilakukan.

Baca juga: Jawab tantangan mahasiswa, Willy Yoseph gelar dialog

Hal itu usai ditemukan adanya bekas lelehan lilin serta sepatu pemilik kios yang diduga digunakan OTK untuk membakar kios tersebut.

"Tetapi kami tidak bisa menyebutkan apakah ini memang sengaja dibakar atau tidak. Kita serahkan proses penyelidikan kepada kepolisian saja untuk mengungkapnya," tuturnya.

Sementara itu, Kanit Jatanras Polresta Palangka Raya, Ipda Helmi belum dapat memastikan apakah peristiwa kebakaran ini terdapat indikasi kesengajaan atau tidak.

Pihaknya kini masih melalukan proses olah TKP dan mengumpulkan barang bukti serta meminta keterangan dari saksi-saksi yang berada di lokasi kejadian.

"Kita saat ini tengah mendalami dan melakukan penyelidikan terkait peristiwa ini. Kalau benar sengaja dibakar oleh seseorang, kami pastikan pelaku akan segera kami tangkap," ujarnya.

Akibat peristiwa ini, membuat warga Jalan Bukit Keminting menjadi khawatir kejadian serupa dapat terulang kembali pada saat warga tengah tertidur lelap.

Untuk itu, salah seorang warga setempat, Christomy Djantan, bersama warga lainnya sepakat untuk bersama-sama mengaktifkan kembali siskamling dan mengadakan ronda.

"Ya kita takut ini seperti kesengajaan atau bisa juga sabotase. Karena sepekan ini wilayah kami terus yang jadi sasaran kebakaran. Jadi kami mulai Sabtu ini dan seterusnya sepakat untuk menggelar ronda atau jaga malam antisipasi jika ada hal yang mencurigakan," bebernya.

Dia mewakili warga Jalan Bukit Keminting meminta kepolisian untuk segera melakukan patroli di wilayah mereka yang rata-rata banyak sekali bangunan-bangunan kosong dengan konstruksi terbuat dari kayu yang bisa saja kembali terjadi kebakaran yang tidak pihaknya ketahui.

"Kami mohon bisa jadi atensi, setidaknya ada tindakan awal seperti Patroli rutin di wilayah kami. Jujur, malam ini kami sangat was-was karena sudah dua kali dalam semalam ini," demikian Christomy.

Baca juga: Satpol PP Palangka Raya diminta optimalkan pengawasan dan penegakan perda

Baca juga: Marak kebakaran, warga Palangka Raya diminta lebih waspada

Baca juga: Pemkot Palangka Raya diminta bantu sosialisasi penggunaan MyPertamina

Pewarta : Rajib Rizali
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024