Kuala Kapuas (ANTARA) - Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah, Darliansjah menyatakan bahwa pemerintah daerah setempat telah komitmen untuk terus mendukung penuh kegiatan-kegiatan Kepramukaan di daerah setempat.

"Kami percaya bahwa melalui gerakan pramuka, kita dapat membangun generasi muda yang berkarakter, cinta tanah air dan siap menghadapi tantangan global," kata Darliansjah, di Kuala Kapuas, Jumat.

Hal itu disampaikan oleh orang nomor satu di kabupaten setempat, saat menjadi Inspektur Upacara pembukaan kegiatan Tingang Menteng Scout Camp I Tingkat Cabang Kapuas tahun 2024, bertempat di Sanggar Bakti Pramuka Kapuas, Jalan Keruing, Kuala Kapuas.

Darliansjah pun mengaku bangga atas terselenggaranya kegiatan Tingang Menteng Scout Camp I ini. Di mana kegiatan itu merupakan wujud nyata dari komitmen bersama untuk membangun generasi muda yang tangguh, mandiri dan berkarakter.

Apalagi, lanjut dia, Tingang Menteng Scout Camp I yang diselenggarakan ini, memiliki makna yang sangat dalam. "Tingang" atau Burung Enggang merupakan simbol kebanggaan masyarakat dayak, melambangkan keberanian, kekuatan, dan kebijaksanaan.

"Sementara untuk Menteng itu kan berarti kuat atau perkasa. Jadi, melalui nama ini, kita berharap para peserta dapat menumbuhkan jiwa yang kuat, berani dan bijaksana dalam menghadapi tantangan kehidupan,” harapnya.

Dirinya juga menuturkan melalui tema kegiatan yakni "Hinje Mamangun Pramuka Kapuas” dirasa sangat relevan dengan kondisi saat ini, dimana dibutuhkan generasi muda yang mencerminkan semangat untuk berkontribusi positif dan sadar akan pembangunan daerah serta bangsa.

"Saya berharap melalui kegiatan ini, adik-adik peserta dapat mengembangkan potensi diri dan menjadi agen perubahan yang positif bagi masyarakat," kata Darliansjah.

Baca juga: Keberhasilan Disarpustaka menanam sayur pakcoy patut dicontoh, kata Pj Kapuas

Pj Bupati Kapuas itu pun berpesan kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini agar manfaatkan kesempatan sebaik- baiknya untuk belajar dan mengembangkan diri, dengan cara mengikuti setiap kegiatan dengan penuh semangat dan disiplin.

Hal yang penting juga, agar menjalin persahabatan dengan peserta. Sebab, kegiatan ini adalah kesempatan emas untuk memperluas wawasan dan memahami keberagaman.

"Terapkan nilai-nilai kepramukaan dalam kehidupan sehari-hari, terutama Dasa Darma Pramuka yang menjadi pedoman kita bersama," demikian Darliansjah.

Baca juga: Pemkab Kapuas dukung kerja sama tanam biomassa untuk tingkatkan perekonomian

Baca juga: Disarpustaka Kapuas komitmen wujudkan pengelolaan arsip semakin baik

Baca juga: DPMD Kapuas puji inisiatif Tumbang Mangkutup sediakan air bersih ke warga

Pewarta : All Ikhwan
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024