Buntok (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Deddy Winarwan menyatakan bahwa pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur'an dan Hadits (MTQH) XLIV tingkat kabupaten, merupakan salah satu upaya dalam mendalami dan memahami pesan-pesan suci.

"Hal itu juga sebagai upaya menjadikan kita pribadi yang lebih bertaqwa dan terdidik," kata Deddy usai membuka MTQH XLIV tingkat Kabupaten Barito Selatan di Buntok, Senin malam.

Menurut dia, Al-Qur'an dan Hadits merupakan sumber ilmu dan hikmah yang penuh petunjuk bagi kehidupan umat Islam. Oleh karena itu, acara MTQH yang dilaksanakan  dari 23-25 September 2024 ini merupakan momen yang luar biasa bagi semua, sebab melalui kegiatan ini, syiar Islam dapat semakin berkibar dan tersebar luas di Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus yang kita cintai ini.

"MTQH juga menjadi wadah untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan terhadap ajaran-Nya. Para peserta berusaha dengan sungguh-sungguh untuk membaca Al-Qur'an dengan tartil dan merenungkan makna yang terkandung di dalamnya," ujarnya.

Deddy mengatakan pelalui proses persiapan dan kompetisi di MTQH, peserta semakin mendalami Al-Qur'an sebagai pedoman hidup yang memberikan arah dan tujuan yang jelas. Selain itu, MTQH juga mendorong terciptanya kekompakan dan semangat persaingan yang sehat di antara para peserta. Mereka saling menyemangati, saling menghargai, dan bersaing untuk mencapai prestasi terbaik dalam membaca Al-Qur'an dan Hadits.

Baca juga: Tiga paslon peserta Pilkada Barito Selatan sudah kantongi nomor urut

Untuk itu, bagi dirinya semangat kebersamaan dan sportivitas ini menggambarkan bagaimana peserta MTQH menjunjung tinggi nilai-nilai agama dalam setiap langkah kompetisi.

"Salah satu upaya kita untuk mendalami arti, makna, kandungan, dan keindahan Al-Qur'an sekaligus meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT adalah melalui penyelenggaraan MTQH ini," kata dia.

Pj Bupati Barsel ini pun menambahkan kegiatan ini telah menjadi tradisi yang diselenggarakan mulai dari tingkat Kabupaten hingga tingkat Nasional. 

"Untuk itu, jadikan MTQH ini sebagai sarana untuk mewujudkan masyarakat yang beriman, bertaqwa, serta berakhlak mulia," demikian Deddy.

Acara MTQH yang berlangsung dihalaman masjid agung Baiturrahman Buntok tersebut dihadiri sejumlah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta camat enam kecamatan di wilayah setempat.

Baca juga: Tiga paslon ditetapkan menjadi peserta Pilkada Barito Selatan

Baca juga: Transaksi di Barsel Expo 2024 capai Rp14 miliar

Baca juga: Hijau Daun dan Putri Aulia meriahkan penutupan Barsel Expo 2024

Pewarta : Bayu Ilmiawan
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024