Kuala Kurun (ANTARA) -
Penjabat Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Herson B Aden meminta pasangan calon peserta Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di kabupaten setempat tahun 2024 konsisten mengimplementasikan deklarasi kampanye damai.
 
“Senin malam (23/9) lalu paslon bersama tim kampanye dan pendukung telah mendeklarasikan kampanye damai. Kami harapkan mereka bisa melaksanakan secara konsisten,” ucapnya di Kuala Kurun, Selasa.
 
Untuk diketahui, deklarasi kampanye damai dilakukan usai rapat pleno terbuka pengundian dan penetapan nomor urut paslon peserta Pilkada Gumas 2024, yang dilaksanakan KPU kabupaten setempat di Kuala Kurun, Senin malam (23/9).
 
Saat itu kedua paslon peserta Pilkada Gumas 2024, yakni paslon nomor urut 1 Jaya S Monong-Efrensia LP Umbing dan paslon nomor urut 2 Kusnadi B Halijam-Daldin, bersama tim kampanye dan pendukung mendeklarasikan kampanye damai.

Baca juga: Pj Bupati harapkan Bunda Literasi Gumas tingkatkan minat baca masyarakat
 
Adapun deklarasi kampanye damai berisi janji paslon beserta tim kampanye dan pendukung, mewujudkan pemilihan yang langsung, umum, bebas, rahasia serta jujur dan adil atau luber jurdil.
 
Kemudian melaksanakan kampanye pemilihan yang aman, tertib dan damai, berintegritas, tanpa hoaks, tanpa politisasi suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA), serta tanpa politik uang. Lalu melaksanakan kampanye pemilihan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 
“Yang utama adalah menjaga ketertiban, keamanan, ketentraman masyarakat di Gumas. Jangan sampai pilkada memecah belah antara masyarakat yang satu dengan yang lain,” imbuhnya.
 
Jika daerah terjaga tetap kondusif, maka masyarakat dapat memiliki kepala daerah yang benar-benar amanah, untuk memimpin kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’ selama lima tahun ke depan.
 
Untuk diketahui, Pilkada Gumas 2024 diikuti oleh dua paslon yakni nomor urut 1 Jaya-Efrensia dan nomor urut 2 Kusnadi-Daldin.
 
Paslon Jaya-Efrensia diusung oleh tujuh partai politik yakni NasDem, PAN, PKB, Golkar, Gerindra, Demokrat, dan Perindo. Sedangkan paslon Kusnadi-Daldin diusung oleh PDI Perjuangan.

Baca juga: Rony Karlos nyatakan dukungan ke paslon 1 di Pilkada Gumas 2024

Baca juga: Pemkab komitmen tingkatkan PPID di Gunung Mas

Baca juga: Pilkada Gumas sajikan 'head to head', Legislator harap daerah tetap kondusif

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024