Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (PKP) dan Kelompok Tani Desa di Desa Kupang Bersih, Kecamatan Pematang Karau melaksanakan panen perdana padi varietas Inpari 32.

“Panen ini menjadikan Barito Timur sebagai daerah strategis dalam mendukung ketahanan pangan di Kalimantan Tengah,” kata Kepala Dinas PKP Barito Timur Lurikto di Tamiang Layang, Kamis.

Menurutnya, Barito Timur memiliki potensi besar dalam sektor pertanian dengan adanya tiga bendungan besar Karau, Tabla, dan Tampa, yang mendukung lahan irigasi seluas 5.703 hektare.

Potensi ini menjadikan Barito Timur sebagai daerah strategis dalam mendukung ketahanan pangan di Kalimantan Tengah, dan akan berimplikasi sebagai daerah penyangga pangan Ibu kota Nusantara (IKN).

“Terus terang, kami bangga bangga dan antusiasme masyarakat Desa Kupang Bersih karena Barito Timur memiliki potensi besar dalam mengembangkan sektor pertanian,” kata Lurikto.

Panen perdana ini, kata Lurikto, diharapkan menjadi momentum penting untuk meningkatkan produksi padi di wilayah tersebut. Pria yang pernah menjadi kepala Dinas Lingkungan Hidup Barito Timur itu menekankan bahwa Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui DInas Pertanian dan Ketahanan Pangan akan terus mendukung para petani dengan pendampingan intensif dari penyuluh pertanian untuk mewujudkan swasembada pangan.

Baca juga: KPU Bartim ingatkan peserta Pilkada 2024 wajib serahkan LADK

Lanjut Lurikto, dengan perbaikan infrastruktur irigasi yang terus berjalan, Barito Timur siap mengambil peran penting dalam memastikan ketahanan pangan daerah dan mendukung program nasional sebagai salah satu penyangga IKN.

Camat Pematang Karau, Setia Murni mengapresiasi apresiasi para penyuluh pertanian yang tanpa lelah mendampingi petani di Desa Kupang Bersih.

“Kami sangat berterima kasih kepada para penyuluh yang bekerja keras. Tanpa mereka, petani di Kupang Bersih mungkin tidak akan berhasil seperti ini,” katanya.

Setia Murni juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus menjaga kekompakan dan semangat gotong royong, dengan harapan Kecamatan Pematang Karau dapat menjadi salah satu lumbung pangan utama di Kabupaten Barito Timur, sekaligus penyangga pangan bagi IKN.

Untuk diketahui, kehadiran Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Lurikto mewakili Bupati Barito Timur Indra Gunawan dalam panen perdana padi varietas Inpari 32 di Desa Kupang Bersih Kecamatan Pematang Karau.

Acara tersebut dihadiri sejumlah pejabat, seperti Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfosantik)  Dwi Aryanto, Camat Pematang Karau Setia Murni, serta para tokoh masyarakat lokal, Kelompok Tani Kupang Bersih dan masyarakat setempat.

Baca juga: Berikut nomor urut tiga pasangan calon peserta Pilkada Barito Timur

Baca juga: Gubernur Kalteng: MTQ X Bartim cetak peserta berbakat untuk bersaing

Baca juga: Gubernur Kalteng motivasi generasi muda Bartim untuk berpendidikan tinggi


Pewarta : Habibullah
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024