Buntok (ANTARA) - Ketua sementara DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, HM Farid Yusran mengatakan, pelantikan unsur pimpinan DPRD definitif masih menunggu surat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP).

"Jabatan unsur pimpinan DPRD Barito Selatan itu akan dipegang oleh partai politik pemenang satu, pemenang dua, dan pemenang tiga pada pemilihan umum (Pemilu) anggota legislatif yang dilaksanakan Februari 2024 lalu untuk wilayah kabupaten ini," katanya di Buntok, Jumat.

Ia mengatakan, untuk surat rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional dan dari DPP Partai Nasional Demokrat (Nasdem) terkait hal itu sudah ada nama yang direkomendasikan. Saat ini pihaknya masih menunggu surat rekomendasi dari DPP PDIP.

"Untuk PAN direkomendasikan Ideham, dan DPP Partai Nasdem merekomendasikan Rusinah sebagai unsur pimpinan DPRD Barito Selatan, sedangkan dari PDIP masih menunggu terbitnya surat keputusan mengenai nama yang direkomendasikan DPP," ucap politisi PDIP Barito Selatan itu.

Menurut dia, untuk internal PDIP nama yang diusulkan untuk menjadi unsur pimpinan DPRD harus tiga nama. Setelah itu DPP membahas tiga nama tersebut guna selanjutnya direkomendasikan satu nama yang menjadi unsur pimpinan dewan definitif.

Baca juga: DPRD apresiasi tim seni budaya Barsel raih penghargaan internasional

"Terkait tiga nama yang diusulkan Dewan Pimpinan  Cabang (DPC) PDIP Barito Selatan itu tergantung keputusan DPP yang menentukan siapa satu nama yang akan direkomendasikan menjadi unsur pimpinan DPRD Barito Selatan," jelasnya.

Menurut dia, kalau surat keputusan nama yang di rekomendasikan dari DPP PDIP tersebut diterima, pihaknya akan mengusulkan untuk dilaksanakan pelantikan unsur pimpinan DPRD Barito Selatan definitif.

Setelah unsur pimpinan DPRD Barito Selatan dilantik lanjut dia, baru bisa dilaksanakan pembentukan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang terdiri dari komisi, Badan Musyawarah (Banmus), Badan Anggaran, Badan Kehormatan dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda).

Jadi, pelantikan unsur pimpinan definitif ini masih menunggu surat keputusan dari DPP PDIP terkait nama yang akan direkomendasikan menjadi unsur pimpinan DPRD Barito Selatan definitif.

Baca juga: Legislator Barsel dukung Festival Dahani Dahanai lestarikan seni dan budaya

Baca juga: Gunung Bintang Awai juara umum MTQH XLIV Barito Selatan

Baca juga: Ratusan pendukung hadiri deklarasi tim pemenangan Willy-Habib di Barsel


Pewarta : Bayu Ilmiawan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024