Nanga Bulik (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah terus memacu pembangunan pada berbagai sektor, salah satunya adalah industri dalam rangka meningkatkan ekonomi daerah.
 
Adapun salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Lamandau dalam memacu pengembangan industri, yakni meningkatkan pengetahuan dan pemahaman pelaku industri terhadap SIINas.
 
"SIINAS merupakan suatu mekanisme untuk mempermudah dan mempercepat proses penyampaian data yang berasal dari dunia usaha kepada pemerintah," kata Sekda Lamandau Irwansyah di Nanga Bulik, Senin.

Baca juga: Pj Bupati Lamandau dan Desa Sumber Mulya raih penghargaan tingkat nasional
 
Data tersebut merupakan input yang selanjutnya diolah, dianalisis, dan dijadikan sebagai suatu dasar pijakan bagi pemerintah dalam menyusun rangkaian kebijakan yang pro-industri.
 
Dalam upaya mendorong pengembangan industri kecil menengah (IKM), SIINas memiliki peran dan fungsi yang cukup penting karena pelaku usaha industri yang telah terintegrasi dalam basis data SIINAS dapat dengan mudah mengakses segala informasi terkait upaya pengembangan usahanya.

Baca juga: Koyem-SHD siap pacu pembangunan infrastruktur di Lamandau
 
Termasuk berkaitan dengan informasi ekspor, informasi perkembangan teknologi industri dan produk-produk fasilitasi pemerintah yang diselenggarakan pemerintah.
 
Oleh karenanya Pemkab Lamandau telah menyelenggarakan sosialisasi dan pelatihan Sistem Informasi Industri Nasional (SIINAS) bagi pelaku usaha IKM.
 
Kegiatan yang diselenggarakan oleh DKUKMPP Kabupaten Lamandau ini digelar dalam rangka untuk kepatuhan perusahaan industri Di Kabupaten Lamandau.
 
Selain Pelatihan SIINAS, juga dirangkai dengan pelatihan kemasan dan pemasaran, serta pelatihan gerabah yang dilaksanakan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalimantan Tengah.

Baca juga: Pemkab Lamandau komitmen cegah dan berantas korupsi

Baca juga: Pacu perekonomian daerah, Pemkab Lamandau optimalkan sektor pariwisata

Baca juga: Pj Bupati Lamandau minta para camat pacu kinerja

Pewarta : Yansyah/Arif Hidayat
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024