Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Cici Susilawati mengimbau kepada pemilih pemula agar menggunakan hak pilih mereka pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

Satu suara akan sangat menentukan masa depan Kalteng dan Gumas selama beberapa tahun ke depan, ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Senin.

"Jadi masyarakat yang sudah memiliki hak pilih, termasuk pemilih pemula, jangan sampai golput," tambahnya.

Menurut Anggota DPRD Gumas itu, Pilkada 2024 terbilang Istimewa, karena pemilihan gubernur dan wakil gubernur, pemilihan bupati dan wakil bupati, serta pemilihan wali kota dan wakil wali kota dilakukan secara serentak di hari yang sama, yakni Rabu 27 November 2024.

Oleh sebab itu, politisi Partai Demokrat ini meminta kepada pemilih pemula agar ikut berpartisipasi dalam menentukan pimpinan daerah, yang akan memegang amanah dan bertanggung jawab dalam membangun daerah.

"Adanya Pilkada diharapkan tercipta kepala daerah yang memiliki legitimasi dan dukungan langsung dari rakyat, sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan lebih baik dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat," imbuhnya.

Di sisi lain, Cici juga menyampaikan apresiasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gumas, yang melalui sejumlah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) gencar menyosialisasikan berbagai hal terkait Pilkada 2024, ke sejumlah SMA sederajat di wilayah setempat.

Perempuan kelahiran Kelurahan Tumbang Talaken Kecamatan Manuhing ini juga meminta kepada para guru atau pihak sekolah, agar bisa menyelipkan ajakan untuk menggunakan hak pilih kepada para peserta didik, saat jam pelajaran berlangsung.

"Beri pemahaman juga kepada pemilih pemula apa pentingnya menggunakan hak pilih, sehingga para Rabu, 27 November 2024 mendatang, mereka tergerak datang ke tempat pemungutan suara (TPS) dan menggunakan hak pilihnya untuk memilih pemimpin daerah," kata Cici.

Baca juga: KPU Gumas terima ratusan set bilik suara untuk Pilkada 2024

Sebelumnya, Ketua KPU Gumas Elfrinst G Tumon saat dihubungi dari Kuala Kurun, Senin (30/9), menyatakan pihaknya melalui sejumlah PPK telah melakukan sosialisasi terkait Pilkada 2024 kepada pemilih pemula di sekolah-sekolah.

Dia menjelaskan, dari 12 PPK yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’, sebagian sudah melakukan sosialisasi ke SMA sederajat yang ada di wilayah masing-masing.

Misalnya, PPK Tewah yang melakukan sosialisasi terkait Pilkada 2024 ke SMA Negeri 1 Tewah pada Rabu (4/9), lalu PPK Manuhing Raya yang melakukan sosialisasi ke SMA Negeri 1 Manuhing Raya pada Jumat (27/9).

"Sosialisasi itu kami harap pemilih pemula memahami pentingnya menggunakan hak pilih dan memilih sesuai nurani masing-masing pada hari H nanti, yakni pada Rabu, 27 November 2024," demikian Elfrinst.

Baca juga: KPU Gumas gencar sosialisasikan Pilkada 2024 ke pemilih pemula

Baca juga: Pemkab Gumas upayakan listrik PLN segera masuk Tahura Lapak Jaru

Baca juga: Tiga desa di Gumas ditetapkan jadi percontohan anti korupsi

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024