Tamiang Layang (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Barito Timur, Feryantho Marthen, menyatakan bahwa hingga saat ini belum ada pelanggaran yang ditemukan selama masa kampanye Pilkada Barito Timur 2024.

"Sejak awal masa kampanye, Bawaslu sudah melakukan pengawasan secara melekat terhadap kampanye yang dilakukan para pasangan calon. Sampai hari ini, tidak ada pelanggaran yang ditemukan Bawaslu," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Barito Timur (Bartim) Feryantho Marthen di Tamiang Layang, Senin.

Baca juga: Bawaslu Bartim ingatkan peserta pemilu turunkan APK sebelum masa tenang

Menurutnya, Bawaslu telah aktif melakukan pengawasan terhadap setiap aktivitas kampanye untuk memastikan pelaksanaan pemilu yang tertib dan sesuai dengan aturan. Pengawasan ini dilakukan secara langsung  tim pengawas di lapangan, yang tersebar di berbagai wilayah Kabupaten Bartim.

Meskipun belum ada pelanggaran yang tercatat, Feryantho menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan. Bawaslu mengharapkan masyarakat dapat turut serta dalam melakukan pengawasan terhadap kampanye yang berlangsung.

Baca juga: Pemkab Bartim bersama KPU dan Bawaslu Tandatangani NPHD Pilkada 2024

"Kami berharap masyarakat bisa ikut berpartisipasi dalam pengawasan bersama-sama. Jika menemukan adanya indikasi pelanggaran, segera laporkan ke Panwascam terdekat atau langsung ke Kantor Bawaslu Bartim di Tamiang Layang," katanya.

Untuk Pilkada Bartim 2024, terdapat tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati yang bersaing. Pasangan nomor urut satu adalah M. Yamin-Adi Mula Nakalelu, pasangan nomor urut dua Pancani Gandrung-Raran, dan pasangan nomor urut tiga Ariantho S. Muler - Ahmadi.

Baca juga: Bawaslu: Anggaran pengawasan Pilkada Bartim Rp6,9 miliar

Masa kampanye resmi dimulai pada Rabu, 25 September dan berakhir pada Sabtu, 23 November 2024. Bawaslu Barito Timur berharap semua pasangan calon tetap mengikuti aturan dan menjaga ketertiban selama proses kampanye berlangsung, sehingga Pilkada Barito Timur 2024 dapat berjalan dengan lancar dan demokratis.

“Kita mengharapkan Pilkada Bartim 2024 dapat berjalan dengan lancar, tertib, aman dan damai, serta menjunjung tinggi nilai demokrasi,” demikian kata Ferryanto Marthen.

Pewarta : Habibullah
Uploader : Ronny
Copyright © ANTARA 2024