Kuala Kurun (ANTARA) -
Ketua Sementara DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Herbert Y Asin mengajak masyarakat di daerah setempat mengamalkan nilai-nilai Pancasila, guna membentengi diri dari berbagai tantangan.
 
Berbagai tantangan itu, seperti penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, pergaulan bebas hingga judi online ucap Herbert usai mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila di Kuala Kurun, Selasa.
 
“Dengan menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, saya yakin kita dapat melindungi dari semua itu maupun hal-hal negatif lainnya,” sambung politisi Partai Golkar tersebut.
 
Di sisi lain, dia juga meminta kepada orang tua agar mengenalkan Pancasila sejak dini kepada anak, serta mengajarkan anak penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Pj Bupati Gumas: Hari Kesaktian Pancasila momentum perkuat sikap saling menghormati
 
Pancasila harus dikenalkan sejak dini kepada anak, supaya ke depan anak bisa menjadi generasi muda yang bisa diandalkan, untuk menjadi generasi penerus dalam melanjutkan roda pemerintahan dan pembangunan.
 
“Pendidikan karakter harus kita perkuat, demi melindungi anak dari hal negatif dan menyiapkan anak sebagai generasi penerus,” kata wakil rakyat dari Daerah Pemilihan I meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini.
 
Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo mengingatkan Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap 1 Oktober bahwa nilai kebangsaan bukan hanya warisan, tetapi amanah yang harus terus dijaga.
 
Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi melalui sebuah ilustrasi yang diunggah melalui akun resmi Instagram @jokowi pada Selasa.
 
"Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan kita bahwa nilai-nilai kebangsaan bukan hanya warisan, tapi amanah yang harus terus dijaga," demikian tertulis dalam keterangan ilustrasi tersebut.
 
Presiden pun mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk merenungkan sejauh mana telah mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
 
"Di tengah tantangan zaman, mari kita renungkan sejauh mana kita telah mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," tulis Presiden Jokowi.

Baca juga: Legislator Gumar minta desa semakin banyak jadi percontohan anti korupsi

Baca juga: Legislator Gumas minta pemilih pemula ikut berperan tentukan pemimpin daerah

Baca juga: KPU Gumas terima ratusan set bilik suara untuk Pilkada 2024

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024