Kuala Kapuas (ANTARA) -
Pemerintah Desa Wargo Mulyo, Kecamatan Kapuas Kuala, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengoptimalkan Program Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) sebagai langkah mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya gizi seimbang.
 
“Ini dilaksanakan dalam upaya pencegahan stunting pada anak-anak,” kata Camat Kapuas Kuala Nurcahyono dihubungi dari Kuala Kapuas, Senin.
 
Nurcahyono menegaskan pentingnya perhatian terhadap masalah stunting atau gangguan pertumbuhan yang masih menjadi tantangan besar di Indonesia.

Menurutnya, stunting dapat berdampak negatif pada pertumbuhan fisik dan perkembangan kognitif anak, sehingga penanganan harus menjadi prioritas bersama.
 
“Kami tentunya mendukung penuh terhadap program tersebut. Pencegahan stunting adalah tanggung jawab kita semua, pemerintah, masyarakat, dan pihak terkait," katanya.

Baca juga: Dealdo-Ismeth programkan pemberian insentif untuk guru ngaji di Kapuas
 
Program Dashat di Desa Wargo Mulyo ini melibatkan berbagai pihak, termasuk kader kesehatan, ibu rumah tangga, dan para pemuda desa.
 
Kegiatan diawali dengan penyuluhan yang menghadirkan narasumber dari bidang gizi dan kesehatan, yang menjelaskan pentingnya makanan bergizi untuk anak-anak dan cara pengolahannya yang tepat.
 
Narasumber juga memaparkan berbagai jenis makanan lokal yang kaya nutrisi serta manfaatnya bagi pertumbuhan anak. Salah satu bagian menarik dari acara ini adalah demo memasak makanan sehat, dan peserta diajak memanfaatkan bahan-bahan lokal dalam menyajikan menu yang bergizi.
 
Demo memasak ini memberikan inspirasi kepada masyarakat agar lebih kreatif dalam menyajikan makanan sehat di rumah.
 
Ia kembali menekankan pencegahan stunting bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga tanggung jawab setiap keluarga untuk memastikan anak-anak mendapat asupan gizi yang baik.
 
Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab, di mana peserta mendapatkan kesempatan untuk bertanya langsung mengenai berbagai isu gizi dan kesehatan yang mereka hadapi.
 
Dengan terselenggaranya Program Dashat, diharap masyarakat Desa Wargo Mulyo semakin sadar pentingnya pola makan sehat dan berkomitmen untuk bersama-sama mengatasi stunting demi masa depan generasi yang lebih sehat dan cerdas.

Baca juga: Habib-Tommy ingin 'lompatan besar' dalam pembangunan di Kapuas

Baca juga: Willy-Habib diyakini menang di Kabupaten Kapuas

Baca juga: Penjabat Bupati Kapuas instruksikan seluruh OPD lakukan digitalisasi arsip

Pewarta : All Ikhwan
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024