Kuala Kapuas (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Bupati Kapuas, Kalimantan Tengah Darliansjah mendorong kelompok budi daya ikan di Desa Basarang, Kecamatan Basarang meningkatkan hasil produksi.
 
“Saya ini jabatan definitifnya, Kadislutkan Kalteng, maka dari itu saya ingin program perikanan di Kapuas maju dan ada program baik yang bisa saya tinggalkan untuk Kapuas,” kata Pj Bupati Darliansjah di Kuala Kapuas, Selasa.
 
Hal itu disampaikannya saat mendengarkan aspirasi dan permasalahan yang dihadapi para pelaku budi daya ikan di Desa Basarang.
 
Sembari melakukan kunjungan kerja di desa setempat, dalam kesempatan tersebut, Pj Bupati Kapuas berdialog menyampaikan ingin program perikanan semakin maju dan ada program baik.
 
“Khusus untuk Basarang, kiranya bisa didorong potensi ratusan kolam yang ada. Kami kolaborasi dengan UGM misalnya, dalam hal mendorong potensi usaha perikanan. Termasuk potensi di Basarang ini, akan kami dorong,” tambahnya.
 
Lebih lanjut, Darliansjah berharap hingga nanti suatu saat produksi patin di sini bisa sampai ekspor ke luar negeri.
 
“Bagaimana membuat kawasan ini menjadi pembeda, punya ciri khas, menjadi penghasil ikan patin yang luar biasa. Nanti juga akan kita aktifkan BBI, tandem dengan Balai Budidaya Air Tawar Mandiangin,” katanya.

Baca juga: Disarpustaka beri penguatan kapasitas pustakawan sekolah di Kapuas Hilir
 
Setelah mendengarkan beberapa aspirasi dari masyarakat, Darliansjah menjelaskan, terkait perairan akan dilakukan kajian terlebih dahulu untuk melihat efektivitasnya. Apakah lebih efektif diprogramkan di pihak ke tiga atau didorong keterlibatan masyarakat.
 
Sementara itu, Camat Basarang Eko Darma Putra mengapresiasi kehadiran langsung Pj Bupati Kapuas. Eko menyampaikan potensi perikanan di wilayah Basarang yakni dengan jumlah kolam di Desa Basarang, termasuk Desa Maluen ada sebanyak 645 kolam.
 
Turut hadir saat acara, Kepala DKPP Kapuas Kusmiatie dan sejumlah kepala perangkat daerah lain, para pelaku budi daya ikan di desa setempat, perangkat desa, serta Tripika Kecamatan Basarang.

Baca juga: DPMD dorong desa membuat program kreatif dan berkelanjutan

Baca juga: DPMD Kapuas apresiasi bantuan perahu nelayan Tumbang Mangkutup

Baca juga: Pemdes Wargo Mulyo optimalkan Program Dashat cegah stunting

Pewarta : All Ikhwan
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024