Buntok (ANTARA) - Wakil Ketua Sementara DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah Ideham mengatakan, penghargaan yang diraih pemerintah kabupaten setempat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi birokrasi (KemenPAN-RB) menunjukkan kualitas kinerja aparatur mengalami peningkatan.

"Penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang diraih dalam dua tahun berturut-turut ini menunjukkan adanya perbaikan tata kelola pemerintahan ke arah yang lebih baik lagi," katanya di Buntok, Sabtu.

Untuk itu, politisi dari Partai Amanat Nasional (PAN) Barito Selatan ini memberi apresiasi, sebab selama kepemimpinan Penjabat Bupati Deddy Winarwan, pemerintah kabupaten dinilai berhasil.

"Hal ini tentunya menggambarkan komitmen yang kuat dari Pemkab Barito Selatan dalam mewujudkan birokrasi yang lebih transparan dan berorientasi pada capaian hasil," ucapnya.

Ia berharap, penghargaan yang telah diraih terus mendorong peningkatan kualitas kinerja aparatur, sehingga kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini menjadi lebih maju dan kesejahteraan masyarakatnya lebih meningkat lagi.

Penjabat Bupati Barito Selatan Deddy Winarwan sebelumnya mengatakan, dirinya sangat bersyukur, karena SAKIP kembali berhasil meraih Predikat B (Baik) dari KemenPAN-RB.

"Penghargaan tersebut diserahkan MenPAN-RB dalam kegiatan SAKIP Award 2024," terangnya.

Baca juga: DPRD Barsel umumkan tiga calon pimpinan definitif periode 2024-2029

Dikatakannya, penghargaan ini berkat kerja keras semua, sehingga kembali mempertahankan Predikat Nilai B dalam hasil evaluasi SAKIP selama dua tahun berturut-turut, yakni pada 2023 dan 2024. Sedangkan pada 2022 hanya mendapatkan nilai C (cukup).

"Tanpa koordinasi dan sinergi antar seluruh pimpinan dan staf perangkat daerah, tentu kita tidak akan bisa mendapat penghargaan ini selama dua tahun berturut-turut," ucap pria yang sudah mendapat gelar doktor ilmu kebijakan publik di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada 2012 itu.

Menurut dia, penilaian tersebut menunjukkan tingkat efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran serta capaian kinerja, kualitas pembangunan, budaya kinerja birokrasi dan penyelenggaraan pemerintahan Pemkab Barsel menunjukan hasil yang baik.

Oleh karena itu, Deddy meminta kepada semua harus tetap solid, kompak serta terus meningkatkan kinerja pelayanan publik menjadi lebih baik lagi.

Baca juga: KPU Barsel telah terima tujuh dari 40 jenis logistik pilkada 2024

Baca juga: Dana kampanye paslon Pilkada Barito Selatan dibatasi Rp18,6 miliar

Baca juga: KPU jadwalkan dua kali debat publik peserta Pilkada Barito Selatan


Pewarta : Bayu Ilmiawan
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024