Buntok (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Selatan, Kalimantan Tengah menjadwalkan debat publik bagi pasangan calon bupati dan calon wakil bupati yang menjadi peserta pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) setempat.

"Debat publik atau debat terbuka tersebut akan dilaksanakan pada bulan November 2024 mendatang," kata komisioner KPU Barito Selatan, Gazalirrahman di Buntok, Rabu.

Ia menjelaskan, debat publik yang pertama akan dilaksanakan di Palangka Raya yang akan disiarkan secara langsung oleh TVRI Kalteng tanggal 2 November 2024 yang dimulai pada pukul 19.00 WIB.

Untuk debat publik pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Barito Selatan yang kedua dijadwalkan di Metro TV Jakarta pada 15 November 2024.

"Tiga pasangan calon yang maju di Pilkada Barito Selatan akan dihadirkan dalam kegiatan debat publik yang dilaksanakan pada dua tempat tersebut," terangnya.

Ia juga menyampaikan, untuk moderator dalam kegiatan debat publik atau debat terbuka itu nantinya dari kalangan profesional dan saat ini sudah ada beberapa nama.

"Dalam waktu dekat ini, KPU Barito Selatan akan memutuskan siapa nama yang akan menjadi moderator dalam debat publik tersebut," ucap Gazalirrahman.

Baca juga: Pemkab berangkatkan kafilah Barsel ikuti FASI XII tingkat provinsi Kalteng

Termasuk juga, lanjut dia, yang akan menjadi panelis untuk memberikan pertanyaan kepada kandidat calon bupati dan calon wakil bupati yang maju di Pilkada Barito Selatan pada 2024.

"Untuk panelis dalam debat kandidat itu nantinya juga dari kalangan profesional, tokoh masyarakat, dari kalangan akademisi yang kami pandang memiliki kapasitas dan pengetahuan terkait dengan daerah lokal.

Ia juga menyampaikan, debat publik yang dilaksanakan tersebut merupakan salah satu bagian dari kegiatan yang ada dalam kampanye pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Barito Selatan.

Gazalirrahman berharap, pelaksanaan debat publik yang akan dilaksanakan pada dua tempat itu nantinya dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses.

Berdasarkan hasil penetapan KPU Barito Selatan beberapa waktu lalu, ada sebanyak tiga pasangan calon bupati dan calon wakil bupati yang menjadi peserta pilkada di wilayah setempat pada 2024 ini.

Untuk pasangan calon bupati dan calon wakil bupati nomor urut satu, H. Pe'i-Ina Prayawati, dan pasangan calon nomor urut dua, Juana-Tini Rusdihatie, sedangkan pasangan calon nomor urut tiga, Eddy Raya Samsuri-Khristianto Yudha.

Baca juga: Pemkab Barsel kembali raih penghargaan dari Kemenpan RB

Baca juga: LKKNU Barsel bina generasi milenial manfaatkan teknologi informasi ke arah positif

Baca juga: Kesbangpol Kalteng edukasi masyarakat Barsel terkait pencegahan dan penanggulangan ekstremisme


Pewarta : Bayu Ilmiawan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024