Buntok (ANTARA) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah melaksanakan rapat paripurna mengumumkan penetapan calon pimpinan definitif DPRD setempat periode 2024-2029 mendatang.

"Kita pada hari ini melaksanakan rapat paripurna guna mengumumkan penetapan calon pimpinan dewan," kata ketua sementara DPRD Barito Selatan, HM Farid Yusran usai memimpin rapat paripurna di Buntok, Kamis.

Ia mengatakan, penetapan tiga calon pimpinan dewan tersebut berdasarkan surat keputusan DPRD Barito Selatan Nomor 11/2024.

Setelah ini pihaknya akan mengajukan surat kepada Gubernur Kalimantan Tengah untuk ditetapkan peresmian pimpinan DPRD Barito Selatan.

"Setelah pelantikan, kita nantinya akan membentuk Alat Kelengkapan Dewan (AKD) serta lainnya agar semua kegiatan DPRD bisa berjalan dengan lancar," ucap politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan itu.

Baca juga: KPU Barsel telah terima tujuh dari 40 jenis logistik pilkada 2024

Menurut dia, penetapan calon pimpinan ini memang agak lambat karena menunggu rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) dan hal itu karena banyak yang diurus DPP terutama terkait caleg dan pilkada.

"Alhamdulillah, rekomendasi dari tiga partai politik sudah diterbitkan semua, sehingga kita pada hari ini melaksanakan rapat paripurna penetapan calon pimpinan DPRD Barito Selatan," kata Farid Yusran.

Berdasarkan surat keputusan DPRD Barito Selatan Nomor 11/2024 tentang penetapan calon pimpinan DPRD Barito Selatan periode 2024-2029 itu, ada tiga nama yang akan menduduki posisi unsur pimpinan definitif.

Ketiga nama tersebut yakni HM Farid Yusran yang juga ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Barito Selatan ditetapkan sebagai ketua DPRD kabupaten setempat periode 2024-2029.

Sedangkan sebagai Wakil Ketua I DPRD Barito Selatan atas nama Ideham dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Wakil Ketua II, atas nama Rusinah dari Partai Nasional Demokrat (Nasdem).

Acara rapat paripurna DPRD yang berlangsung di ruang rapat gabungan komisi tersebut dihadiri unsur pimpinan dan anggota dewan setempat.

Baca juga: Dana kampanye paslon Pilkada Barito Selatan dibatasi Rp18,6 miliar

Baca juga: KPU jadwalkan dua kali debat publik peserta Pilkada Barito Selatan

Baca juga: Pemkab berangkatkan kafilah Barsel ikuti FASI XII tingkat provinsi Kalteng


Pewarta : Bayu Ilmiawan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024