Berikut delapan penyebab umum sakit kepala saat bangun tidur

Senin, 14 Oktober 2024 12:31 WIB

Jakarta (ANTARA) -
Ada banyak penyebab sakit kepala di pagi hari yang tidak bisa dianggap enteng, mulai dari kurang tidur, atau terlalu banyak mengonsumsi obat sakit kepala.
 
Ditulis laman Well and Good, Minggu (13/10), ahli saraf dan spesialis pengobatan sakit kepala di Cedars-Sinai Nolan Perason MD menguraikan penyebab paling umum sakit kepala di pagi hari dan apa yang harus dilakukan.
 
1. Sleep apnea
 
Kondisi ini terjadi ketika seseorang sering berhenti bernapas saat tidur, baik karena saluran napasnya tersumbat (alias sleep apnea obstruktif) atau otaknya tidak mengendalikan pernapasan dengan baik (alias central apnea).
 
"Jika Anda mengalami sakit kepala di pagi hari serta gejala seperti mendengkur, tersedak, atau terengah-engah di malam hari, tidur tidak nyenyak, mengantuk di siang hari, atau kelebihan berat badan, konsultasikan dengan dokter Anda untuk menjalani pemeriksaan dan pengobatan sleep apnea," kata Dr. Pearson.
 
Menurut Johns Hopkins Medicine, sleep apnea dapat meningkatkan risiko masalah jantung dan stroke secara serius, jadi jangan abaikan tanda-tandanya.

Baca juga: Tanda-tanda tersembunyi pada seseorang yang mengalami sindrom metabolik
 
2. Posisi tidur
 
"Tidur dalam posisi yang memberi tekanan pada leher Anda, terutama jika Anda memiliki riwayat penyakit tulang belakang leher, dapat memicu sakit kepala tegang atau nyeri muskuloskeletal," kata Dr. Pearson.
 
Tidur miring biasanya paling baik untuk menjaga tulang belakang dan leher tetap sejajar. 
 
3. Menggerakkan gigi
 
Mengepalkan atau menggertakkan gigi saat tidur, suatu kondisi yang disebut bruxism, dapat meningkatkan risiko sakit kepala di pagi hari. Biasanya, menggertakkan gigi memicu sakit kepala tegang, kata Dr. Pearson.
 
Menggertakkan gigi sepanjang malam membuat otot-otot di leher, rahang, dan wajah Anda tegang. Jika ketegangan ini menjalar ke kepala, hal itu dapat menimbulkan rasa sakit.
 
"Penting untuk mendiskusikan gejala-gejala ini dengan dokter gigi Anda, yang mungkin akan merekomendasikan pelindung gigitan, terapi fisik untuk rahang Anda, atau pengobatan,” katanya.

Baca juga: Jangan abaikan sakit kepala yang berlangsung lama disertai demam
 
4. Migrain
 
Penelitian yang muncul menunjukkan bahwa waktu migrain di pagi hari mungkin terkait dengan ritme sirkadian, alias jam internal tubuh yang berlangsung selama 24 jam.
 
"Migrain dan jam sirkadian bawaan kita berasal dari bagian otak kuno yang disebut hipotalamus," kata Dr. Pearson.
 
Banyak hal yang memicu migrain, seperti cahaya, olahraga, waktu makan (atau melewatkannya), dan perubahan suhu, juga dapat mengacaukan ritme sirkadian Anda.
 
Jika mengalami migrain, akan sangat membantu jika mematuhi jadwal yang teratur (misalnya, tidur, bangun, dan makan pada waktu yang sama setiap hari) untuk membantu menghindari migrain, kata dia.

Baca juga: Mengenal pneumonia dan cara pencegahannya
 
5. Kurang tidur
 
Kurang tidur dikaitkan dengan berbagai macam masalah sakit kepala, mulai dari migrain hingga sakit kepala tegang. Ada banyak alasan seseorang kurang tidur yakni perubahan jadwal kerja, kebersihan lingkungan tidur yang buruk, konsumsi alkohol, nyeri, stres, kecemasan, depresi, atau masalah tidur utama seperti insomnia atau sleep apnea, dan masih banyak lagi.
 
Pearson memberikan kiat agar tidur lebih baik yaitu tidur dan bangun di jam yang sama setiap hari, pastikan lingkungan sejuk dan gelap, hindari alkohol setidaknya tiga jam sebelum tidur dan jauhkan layar dari kamar tidur.
 
6. Tidur berlebihan
 
Tidur lebih lama dari biasanya dapat memicu sakit kepala karena berbagai alasan. Beberapa di antaranya termasuk gangguan hormon, dehidrasi, gula darah rendah, dan penghentian konsumsi kafein, imbuhnya.
 
Tidur berlebihan juga dapat mengganggu ritme sirkadian Anda. Seperti yang kita ketahui, ada hubungan antara jam internal tubuh Anda dan sakit kepala.

Baca juga: Ini gejala pendarahan otak yang perlu diwaspadai
 
7. Obat-obatan tertentu
 
Sakit kepala akibat penggunaan obat secara berlebihan merupakan salah satu masalah utama yang ditangani dokter di klinik sakit kepala, kata Dr. Pearson.
 
Jika sakit kepala di pagi hari hilang setelah minum obat tetapi muncul kembali kemudian, dan Anda sering mengonsumsi Tylenol, NSAID (seperti Ibuprofen), triptan, atau terutama barbiturat atau opioid, kemungkinan besar itu disebabkan oleh penggunaan obat secara berlebihan, katanya.
 
8. Mabuk
 
Minum alkohol, terutama menjelang tidur, dapat menyebabkan badai pemicu sakit kepala. Ini termasuk kualitas tidur yang buruk, dehidrasi, ketidakseimbangan elektrolit, pelebaran pembuluh darah, dan gula darah rendah.
 
Ditambah lagi, alkohol mengandung zat-zat seperti tanin, kongener, dan produk sampingan kimia lainnya yang juga dapat menyebabkan mabuk dan sakit kepala.
 
Pearson mengatakan menghindari mabuk dan sakit kepala di pagi hari bisa dilakukan dengan minum secukupnya dan minum air putih. Selain itu, mengonsumsi vitamin B6 sebelum minum mungkin dapat mengurangi keparahan gejala mabuk.

Baca juga: Kafein bisa jadi pemicu sekaligus pereda sakit kepala

Baca juga: Kenali ciri gejala yang jadi pertanda vertigo

Baca juga: Sederet manfaat kayu cendana merah untuk kesehatan

Pewarta : Fitra Ashari
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024

Terkait

Polda Kalteng terjunkan 358 personel dalam Operasi Zebra Telabang 2024

11 jam lalu

DMPD telusuri insiden warga Ujung Pandaran protes kepala desa

11 October 2024 15:24 Wib

Disarpustaka Kapuas beri berbagai layananan perpustakan bagi murid TK Pembina

11 October 2024 14:20 Wib

DPMD Kapuas dukung Program Desa Cantik inisiasi BPS

11 October 2024 11:08 Wib

Pembayaran pajak di Gumas bisa non tunai lewat gadget

09 October 2024 16:33 Wib

Eks Kepala BPPD divonis lima tahun penjara kasus korupsi

09 October 2024 14:23 Wib

Mengenal calon kepala daerah, gabungan OKP Kotim gelar dialog publik

09 October 2024 5:44 Wib

Satlantas Polresta Palangka Raya bagikan helm SNI gratis kepada warga

08 October 2024 18:27 Wib
Terpopuler

Korupsi bansos presiden, KPK panggil pimpinan perusahaan

Nasional - 08 October 2024 16:24 Wib

Program orientasi penting tingkatkan integritas legislator emban tugas sebagai wakil rakyat

Kabar Daerah - 09 October 2024 16:47 Wib

PD Muhammadiyah Barut: Penggagalan Perubahan APBD 2024 cenderung bermuatan politis

Kabar Daerah - 10 October 2024 16:13 Wib

Pemkot Palangka Raya diminta pastikan ASN netral selama Pilkada 2024

Kabar Daerah - 11 October 2024 15:47 Wib

Apa bahaya dari telur yang terkontaminasi salmonella?

Lifestyle - 13 October 2024 19:24 Wib