Sampit (ANTARA) - Tour Konser Isen Mulang Berkah yang digelar Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berlangsung meriah dan dibanjiri penonton dari berbagai penjuru Kotim.

“Seru banget, sudah lama nggak ada konser semeriah ini di Sampit, terima kasih pak gubernur. Semoga lebih sering gelar konser seperti ini,” kata salah seorang penonton, Rina di Sampit, Selasa. 

Tour Konser Isen Mulang Berkah, bertajuk Semarak Hiburan Rakyat Penuh Berkah di Bumi Tambun Bungai digelar melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kalteng bekerjasama dengan Disbudpar Kotim. 

Acara digelar di Stadion 29 November Sampit yang memiliki kapasitas hingga 20.000 orang dan pada dalam acara tersebut tampak warga memadati area tribun dan lapangan sepak bola. 

Para penonton bersorak dan bergembira dengan penampilan grup musik asal Yogyakarta yang sedang digandrungi kawula muda sekarang, yaitu NDX A.K.A

Tour Konser Isen Mulang Berkah ini kedua kalinya digelar oleh Pemprov Kalteng di Kotim, pada 6 September 2024 lalu kegiatan serupa digelar di Taman Kota Sampit dengan menghadirkan grup musik ternama, Ada Band. 

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kalteng M Katma F Dirun menyampaikan Tour Konser Isen Mulang Berkah merupakan acara yang diinisiasi oleh Pemprov Kalteng untuk memberikan semangat baru bagi masyarakat melalui hiburan gratis. 

“Sehingga, masyarakat bisa melepas rasa rindu dengan adanya hiburan seperti ini. Kesempatan ini kami mendatangkan NDX A.K.A dan memang mereka dari jauh-jauh hari menginginkan untuk tampil di Kota Sampit dan itu direspons oleh gubernur,” sebutnya.

Baca juga: Berikut penjelasan lokasi tes CPNS Barut dipindah ke Palangka Raya dan Banjarbaru

Ia menambahkan, digelarnya Tour Konser Isen Mulang Berkah dengan menghadirkan NDX A.K.A ini diharapkan bisa memberikan motivasi baru bagi pemuda-pemudi Kotim, 

Khususnya, bagi yang bergelut atau memiliki minat di bidang musik agar lebih giat dan termotivasi dalam berkarya serta membuat inovasi-inovasi baru. 

Tak jauh berbeda disampaikan oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Kotim Shalahuddin yang menyebut Tour Konser Isen Mulang Berkah adalah untuk memberikan hiburan yang berkualitas dan segar kepada masyarakat.

Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan bisa mendorong peningkatan perekonomian masyarakat, sebab selain acara konser pihaknya juga membuka sejumlah tenan bagi UMKM di halaman Stadion 29 November Sampit agar bisa menjual sekaligus mempromosikan produk unggulan masing-masing.

“Tentunya ini juga untuk menggerakkan roda perekonomian dengan melibatkan UMKM-UMKM, kami berharap roda perekonomian terus berjalan terus meningkat,” ucapnya.

Kesempatan berada di tengah ribuan masyarakat Kotim itu pun tak ia sia-siakan untuk mensosialisasikan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 dengan tujuan meningkatkan partisipasi pemilih, sebab setiap suara sangat berarti dalam menentukan arah pembangunan kedepannya sesuai pemimpin yang dipilih.

Shalahuddin pun mengingatkan masyarakat Kotim bahwa kurang lebih 43 hari lagi akan dilaksanakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalteng serta bupati dan wakil bupati Kotim, sehingga masyarakat diminta untuk bisa menggunakan hak pilih sesuai hati nurani masing-masing dan tidak golput.

“Tepatnya 27 November kita akan melaksanakan pesta demokrasi Pilkada serentak. Saya ingatkan kepada  semua masyarakat untuk berpartisipasi, luangkan waktu pada tanggal itu, mari kita ke TPS untuk menggunakan hak pilih kita,” demikian Shalahuddin.

Baca juga: Raffi Ahmad siap bantu Prabowo soal kreatif dan pekerja seni

Baca juga: Indonesia kalah perdana usai ditekuk China

Baca juga: Berikut klasemen Grup C usai Indonesia kalah dari China


Pewarta : Devita Maulina
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024