Palangka Raya (ANTARA) -
Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Abdul Razak-Sri Suwanto (ASRI) menyampaikan visi dan misi keduanya dalam “Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kalimantan Tengah melalui Ekonomi Berkeadilan dan Berkelanjutan” yang menjadi tema debat Pilkada 2024.

Adapun debat pertama Pilkada 2024 digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng di Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya.
 
ASRI secara konsisten menyuarakan soal lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan usaha mikro kecil menengah (UMKM), serta juga memberikan jawaban berkaitan kesetaraan gender dalam bekerja.
 
“Untuk mengatasi hal tersebut kita fokuskan kepada UMKM. UMKM ini sangat cocok untuk perempuan, karena dari segi bekerja tidak menggunakan fisik tapi menghasilkan penghasilan yang cukup. Andai ASRI diberikan amanah memimpin Kalteng maka InsyaAllah pria dan wanita akan sejajar dan mendapatkan pekerjaan yang layak di Kalteng sehingga tidak ada lagi pengangguran,” tegas Sri Suwanto.

Baca juga: Catat! Berikut Program 100 Hari Abdul Razak-Sri Suwanto
 
Sementara itu, Abdul Razak yang mendapat pertanyaan soal peluang Kalteng untuk bisa menjadi provinsi maju karena wilayahnya bersinggungan dengan Ibu Kota Nusantara (IKN), menyampaikan dengan sangat optimistis, yakni asalkan pemerintah daerah mampu menangkap peluang ekonomi yang saat ini belum dapat dimaksimalkan.

Abdul Razak menegaskan terkait hal itu, yakni peluang tersebut tentunya sudah ditangkap oleh pasangan ASRI.
 
“Potensi alam bisa kita manfaatkan. Selain itu SDM yang unggul juga akan menjadikan awal mengurangi pengangguran dan mengentaskan kemiskinan," jelas Razak yang juga Bupati Kotawaringin Barat periode 2000-2005.

Dia menekankan, Kalteng sangat kaya sumber daya alam (SDA) yang bisa dimanfaatkan untuk pembangunan IKN, misalnya kayu yang dimiliki mempunyai kualitas sangat baik, lalu suplai batubara ke IKN maka itu akan menjadi peluang bagi Kalteng untuk meningkatkan lapangan kerja.

Baca juga: Dukung industri kreatif dan seni budaya, paslon ASRI luncurkan lagu

Baca juga: Nomor urut 4 diyakini bawa kemenangan bagi ASRI di Pilkada Kalteng

Baca juga: Sri Suwanto wakili cagub Kalteng Abdul Razak kunjungi gereja Maranatha yang terbakar

Pewarta : Muhammad Arif Hidayat
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024