Palangka Raya (ANTARA) - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Abdul Razak dan Sri Suwanto atau yang dikenal dengan sebutan Pasangan ASRI, meluncurkan lagu bertajuk ASRI Amanah.

Peluncuran lagu ini sebagai bentuk kami dalam mendukung dan ikut meningkatkan pengembangan industri kreatif dan seni budaya yang ada di provinsi ini, kata Calon Gubernur Kalteng Abdul Razak, di Palangka Raya, Kamis.

"Untuk peluncuran lagu itu, telah kami laksanakan sesaat setelah pengambilan nomor urut Pilkada di kantor KPU Kalteng, Senin, (23/9/2024)," beber dia.

Menurut mantan Wakil Ketua DPRD Kalteng periode 2019-2024 itu, penting bagi seluruh pihak untuk turut serta dalam pengembangan sektor ekonomi kreatif yang ada di Kalimantan Tengah sehingga para pelaku ekonomi kreatif dapat lebih sejahtera. Bahkan dirinya menilai bahwa budaya Nusantara yang kaya dan beragam seharusnya tidak kalah dengan konten-konten dari luar negeri.

Dia mengatakan, sangat ironis jika negara yang memiliki kekayaan budaya justru kalah oleh konten kreator luar negeri. Oleh karena itu, dirinya bersama Sri Suwanto berkomitmen untuk mendampingi masyarakat Kalimantan Tengah, khususnya para pemuda, dalam memajukan sektor ekonomi kreatif melalui berbagai platform yang ada.

"Itu salah satu komitmen kami jika dipercaya memimpin Kalteng lima tahun mendatang,," kata Abdul Razak.

Sementara itu, calon Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Sri Suwanto menyampaikan bahwa seni dan budaya merupakan sektor penting yang perlu didukung penuh oleh pemerintah.

"Kami, Pasangan ASRI, berkomitmen mendorong aktivitas kreatif dan seni budaya. Ini adalah komitmen serius kami ke depan. Jika kami diberikan amanah oleh masyarakat Kalteng untuk memimpin selama lima tahun ke depan, pemerintah provinsi wajib mendukung industri kreatif dan seni budaya," ujarnya.

Baca juga: Nomor urut 4 diyakini bawa kemenangan bagi ASRI di Pilkada Kalteng

Dirinya menambahkan bahwa dunia kreatif memiliki potensi yang sangat besar dan akan sangat disayangkan ketika hal tersebut tidak mendapatkan perhatian serius dari pemerintah.

"Setiap program pemerintah harus memiliki rencana tindak lanjut yang jelas," katanya.

Ia juga menyoroti dampak positif yang ditimbulkan oleh kehadiran tokoh-tokoh kreatif seperti Raffi Ahmad di dalam negeri, maupun kreator konten luar negeri seperti IShowSpeed, yang baru saja mengunjungi Indonesia.

Sebagai informasi, bahwa peluncuran lagu ASRI Amanah juga mencatatkan sejarah tersendiri dalam Pilkada Kalimantan Tengah, sebagai pertama kalinya sebuah pasangan calon meluncurkan lagu kampanye secara resmi.

Langkah ini dinilai sebagai terobosan dalam pendidikan demokrasi di Kalimantan Tengah, yang menunjukkan bahwa ruang demokrasi bisa merambah berbagai sektor kehidupan, termasuk seni dan budaya.

Baca juga: Sri Suwanto wakili cagub Kalteng Abdul Razak kunjungi gereja Maranatha yang terbakar

Baca juga: Resmi! KPU tetapkan nomor urut Paslon Gubernur-Wagub Pilkada Kalteng 2024

Baca juga: Deklarasi Abdul Razak-Sri Suwanto banjir dukungan

Pewarta : Rajib Rizali
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024