Kuala Kurun (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Palangka Raya (UPR) menyusun potensi produk unggulan daerah.
 
Sekretaris Daerah Gumas Richard melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Guanhin saat Ekspos Penyusunan Potensi Unggulan Daerah di Kuala Kurun, Rabu, mengatakan pembangunan perekonomian suatu daerah saat ini masih belum mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara signifikan.
 
“Hal tersebut disebabkan pola pengembangan ekonomi daerah, yang sedang dan telah dilaksanakan oleh daerah, terkesan kurang sistematik,” sambungnya.
 
Faktor tersebut menjadi penyebab kurang berkembangnya potensi ekonomi daerah dan berakibat rendahnya daya saing ekonomi daerah. Rendahnya daya saing daerah pada akhirnya menyebabkan arus masuknya investasi menjadi kurang signifikan.
 
Agar pengembangan ekonomi daerah dapat berhasil dan berdaya guna, maka perlu diupayakan pengembangan potensi ekonomi daerah melalui pengembangan produk unggulan daerah.
 
Produk unggulan adalah produk potensial untuk dikembangkan pada suatu wilayah, dengan memanfaatkan SDA dan SDM lokal berorientasi pasar dan ramah lingkungan, sehingga memiliki keunggulan kompetitif dan siap menghadapi persaingan global.

Baca juga: DPU Gumas rekonstruksi sejumlah ruas jalan di Kuala Kurun
 
Ia menegaskan, apapun produk unggulan yang dihasilkan, maka perlu sinergi untuk mengelola, mengembangkan serta memasarkan, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
“Saya juga mengajak seluruh perangkat daerah memberi data dan informasi yang diperlukan oleh Tim Penyusun Potensi Unggulan Daerah, agar dokumen yang disusun dapat digunakan sebagai acuan mendukung pembangunan berkelanjutan,” jelasnya.
 
Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah Gumas Yantrio Aulia melalui Kepala Bidang Riset dan Inovasi Vina Valentina menyampaikan, kegiatan ini diharap memberi gambaran menyeluruh tentang potensi produk unggulan kabupaten setempat.

Hingga pada akhirnya dapat menjadi acuan bagi instansi terkait untuk memaksimalkan potensi ekonomi lokal, yang dapat bersaing di pasar nasional dan internasional.
 
Peserta yang hadir pada kegiatan ini adalah perangkat daerah terkait dan camat se-Gumas. Sebagai narasumber adalah Tim Pelaksana Penyusunan Potensi Unggulan Daerah Gumas, serta LPPM UPR.
 
“Selama beberapa waktu ke depan, tim akan memetakan potensi produk unggulan berdasarkan data yang didapat dari perangkat daerah. Setelah itu tim juga akan turun ke lapangan untuk memeriksa fakta di lapangan. Setelah melalui berbagai proses baru ditetapkan apa yang menjadi produk unggulan Gumas,” demikian Vina.

Baca juga: DPU Gumas paparkan progres dua ruas jalan hasil DBH sawit

Baca juga: Polres Gumas gelar Operasi Zebra Telabang jelang pelantikan Presiden

Baca juga: Gumas manfaatkan DBH Sawit tingkatkan infrastruktur pacu perekonomian

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024