Pangkalan Bun (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan kunjungan serta kaji tiru ke Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kota Yogyakarta.

"Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempelajari pengelolaan informasi publik yang sudah diterapkan oleh Pemerintah Kota Yogyakarta,"kata Asisten Administrasi Umum Syahruddin, Jumat.

Dirinya pun berharap kegiatan tersebut dapat menjadi kegiatan yang berkelanjutan, tidak hanya sekedar acara seremonial saja. Tetapi apa yang telah di kaji di Diskominfo Yogyakarta dapat di terapkan di Kotawaringin Barat.

"Jadi, apa yang sudah kita pelajari di sini dapat kita terapkan di daerah kita serta pengelolaan informasi di Kabupaten Kobar dapat lebih baik lagi," ucapnya.

Dia menyebut kunjungan tersebut membuat Pemkab kobar mendapatkan informasi bahwa Diskominfo Kota Yogyakarta membuka layanan pengaduan masyarakat. Di mana pengaduan tersebut di tindak lanjuti oleh OPD yang bersangkutan.

Jadi, pengaduan dari masyarakat bukan sekedar program saja akan tetapi benar benar program yang memberikan manfaat bagi masyarakat," jelasnya.

Kegiatan kaji tiru ini merupakan rangkaian dari kegiatan workshop peningkatan kualitas SDM Kontributor Multimedia Center (MMC) yang di selenggarakan oleh Diskominfo Kabupaten Kobar di Yogyakarta.

Baca juga: Diskominfo Kobar tingkatkan pelayanan keterbukaan informasi publik

Syahruddin mengungkapkan, di era digital saat ini dirinya  meminta Kontributor Multimedia Center ini jangan kalah dengan masyarakat dalam memberikan informasi.

"Era keterbukaan publik saat ini, masyarakat lebih cepat menyampaikan informasi melalui media sosialnya, hanya hitungan detik semuanya sudah menyebar kemana mana," ungkapnya.

Melalui kegiatan yang dilaksanakan oleh Pemkab Kobar tersebut, diharapkan dapat  membekali para peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan.

"Melalui workshop tersebut diharapkan para peserta dapat memanfaatkan teknologi multimedia untuk menginformasikan masyarakat secara menarik dan efektif," demikian Syahruddin.

Baca juga: Pemkab Kobar tingkatkan kapasitas komunikasi penyebaran informasi di lingkup pemerintahan

Baca juga: Pemkab Kobar komitmen wujudkan generasi bebas stunting

Baca juga: Tingkatkan keunikan lokal, Dekranasda siapkan lomba desain batik khas Kobar

Pewarta : Safitri RA
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024