Kuala Kurun (ANTARA) - Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, mengoptimalkan kolaborasi dengan berbagai pihak untuk mempercepat perkembangan kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UPPKA) dinas tersebut.

Kepala DP2KBP3A Gumas Rina Sari melalui Kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan Pangan dan Kesejahteraan Keluarga Demo Aruslin Purba di Kuala Kurun, Kamis, mengatakan pihaknya membina 20 kelompok UPPKA yang berasal dari berbagai kecamatan.

“Sebagian kelompok UPPKA binaan DP2KBP3A Gumas sudah bisa menghasilkan berbagai produk yang berkualitas. Namun untuk berbagai hal masih terkendala, seperti dalam hal perizinan, promosi, dan pemasaran,” jelasnya.

Untuk mempercepat perkembangan kelompok UPPKA tadi, maka DP2KBP3A Gumas menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Kerja sama terwujud usai penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) saat Hari Keluarga Nasional ke-31 tingkat kabupaten di Desa Tumbang Miwan Kecamatan Kurun, Senin (21/10).

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala DP2KBP3A Gumas, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalteng, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Gumas, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gumas, Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja, Koperasi (Distransnakerkop) dan UMKM Gumas, Dinas Pertanian Gumas, dan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Gumas.

Nantinya BKKBN Kalteng akan memberi dukungan dalam bentuk memberikan pelatihan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga (PEK) dan bantuan berupa alat teknologi tepat guna (ATTG), untuk menunjang kegiatan kelompok UPPKA.

Baca juga: KPU Gumas imbau masyarakat urus DPTb jika mencoblos tidak sesuai alamat KTP

TP PKK Gumas akan memberi dukungan dalam bentuk sinergitas kegiatan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dengan kegiatan kelompok UPPKA. Disperindag Gumas akan memberi dukungan dalam rangka peningkatan kualitas produk dan perluasan pemasaran bagi kelompok UPPKA.

Distransnakerkop dan UMKM Gumas akan memberi dukungan dalam bentuk pemberdayaan pada kelompok UPPKA, melalui kegiatan pelatihan dan meningkatkan akses pasar yang lebih luas, serta perlindungan usaha.

Dinas Pertanian Gumas akan memberi dukungan dalam bentuk penyuluhan, pembinaan, pengawasan dan bantuan pemberian bibit, bagi kelompok UPPKA yang bergerak di sektor pertanian.

“Sedangkan DPMPTSP Gumas akan memberi dukungan dalam proses pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi kelompok UPPKA,” papar Demo Aruslin Purba.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Gumas Herson B Aden saat menyaksikan penandatanganan MoU di Tumbang Miwan, Senin (21/10), menyambut baik sinergi antara berbagai pihak, guna memajukan kelompok UPPKA.

“Semoga ke depan kelompok UPPKA di Gumas akan semakin maju,” demikian Herson B Aden.

Baca juga: Penjabat Bupati menilai pawai taaruf simbol kebersamaan masyarakat Gumas

Baca juga: DPRD Gumas minta komoditas khas daerah tetap dipertahankan

Baca juga: Legislator Gumas: Debat publik jadi ruang bagi paslon sampaikan gagasan


Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024