Kuala Kurun (ANTARA) -
Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, mengajak masyarakat khususnya mereka yang masuk kategori pemilih pemula untuk menonton debat pasangan calon (paslon) peserta pemilihan kepala daerah (pilkada) kabupaten setempat.
 
“Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana melaksanakan debat publik paslon peserta Pilkada Gumas, Sabtu 26 Oktober 2024 dan Kamis 7 November 2024. Saya mengajak pemilih pemula untuk menyaksikan debat tersebut, bisa melalui siaran TVRI atau melalui Youtube,” ucapnya di Kuala Kurun, Jumat.
 
Politisi Partai NasDem itu menyebut, debat publik merupakan ruang bagi paslon untuk menyampaikan visi misi, ide dan gagasan dalam membangun kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’.
 
Di debat publik, pemilih pemula dapat mengetahui lebih dalam tentang visi misi serta ide dan gagasan dari masing-masing paslon. Dengan mengetahui visi misi serta dan ide dan gagasan yang ditawarkan oleh masing-masing paslon, pemilih pemula akan lebih mudah untuk menentukan pilihan.
 
Di sisi lain, pria kelahiran Desa Penda Pilang, Kecamatan Kurun ini berharap debat publik berjalan dengan baik, aman dan lancar, di mana masing-masing paslon saling beradu visi misi serta ide dan gagasan.
 
“Harapan saya debat nantinya tidak banyak diwarnai gimik, namun lebih menonjolkan adu ide dan gagasan,” kata wakil rakyat dari daerah pemilihan I, yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini.
 
Untuk diketahui, KPU Gumas mengagendakan dua kali debat publik paslon bupati dan wakil bupati pada Pilkada 2024.

Baca juga: Pemkab Gumas salurkan bantuan stimulan bagi lansia dan kaum disabilitas
 
Anggota KPU Gumas Sugiono saat dihubungi dari Kuala Kurun, Selasa (22/10), mengatakan debat publik rencananya akan dilaksanakan di Gedung Pertemuan Umum Damang Batu Kuala Kurun, Sabtu 26 Oktober 2024 dan Kamis 7 November 2024.
 
“Tema debat pertama adalah terkait ekonomi, infrastruktur dan lingkungan hidup. Sedangkan tema debat kedua adalah terkait layanan publik dan sumber daya manusia (SDM) yang unggul,” ungkapnya.
 
Pada pelaksanaan debat paslon bupati dan wakil bupati, tutur dia, KPU Gumas melibatkan panelis yang berasal dari Universitas Palangka Raya dan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Debat juga akan disiarkan secara langsung di TVRI dan melalui kanal Youtube KPU Gumas, mulai 19.30 WIB.

Baca juga: Legislator Gumas: Jangan tunda jika ingin mengurus DPTb

Baca juga: Pj Bupati Gumas: MTQ momentum dalami dan amalkan Al-Quran

Baca juga: Legislator Gumas berharap pawai taaruf semakin meriah

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024