Hut Kotim Akan Dimeriahkan Makan Pentol Bakso

id Hut Kotim Akan Dimeriahkan Makan Pentol Bakso

Hut Kotim Akan Dimeriahkan Makan Pentol Bakso

(Foto antarabengkulu.com) (istimewa)

Dengan adanya makan pentol gratis tersebut kami harap mampu meningkatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan mengembalikan kepercayaan masyarakat dalam mengunsumsi pentol bakso, karena sebelumnya beredar isu pentol bakso di Sampit terbuat dari
Sampit, Kalteng, 1/13 (ANTARA) - Sedikitnya 15.000 orang akan makan pentol bakso gratis pada perayaan Hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah ke-60 pada 7 Januari 2013 nanti.

"Selain makan pentol bakso gratis, HUT Kabupaten Kotim ke-60 juga akan dimeriahkan dengan kesenian daerah berupa tari kolosal giring-giring yang akan melibatkan 3.000 penari," kata penanggung jawab dan pelaksana kegiatan, Abdul Hafid di Sampit, Selasa.

Makan pentol bakso gratis dan tarian giring-giring secara massal tersebut diharapkan mampu masuk dalam catatan Museum Rekor Indonesia (Muri).

Kegiatan akan digelar di tempat terbuka, pada 7 Januari 2013 di lapangan 29 November Sampit, Kabupaten Kotim.

Untuk makan pentol bakso gratis, rencananya akan mengungguli rekor sebelumnya yang telah tercatat di Muri dengan jumlah 7.700 orang makan pentol bakso di Jawa Timur (Jatim).

Sedangkan untuk kesenian daerah tari giring-giring, merupakan untuk memecahkan rekor baru di Muri.

Menurut Hafid, dalam tari daerah giring-giring tersebut nantinya akan melibatkan pelajar, organisasi masyarakat (Ormas) dan masyarakat umum utusan dari 17 kecamatan yang ada di kabupaten Kotim.

Seluruh penari yang terlibat dalam tari giring-giring tersebut sekarang sedang melakukan latihan.

Dipilihnya kesenian daerah, yakni tari giring-giring sebagai tarian kolosal untuk memecahkan rekor baru versi Muri adalah sebagai upaya untuk melestarikan kesenian daerah dan mengenalkan tari giring-giring ke dunia nasional maupun Internasional.

Untuk makan pentol bakso gratis, nantinya akan menyiapkan sedikitnya 45.000 biji pentol dan 85 orang pedagang.

"Dengan adanya makan pentol gratis tersebut kami harap mampu meningkatkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan mengembalikan kepercayaan masyarakat dalam mengunsumsi pentol bakso, karena sebelumnya beredar isu pentol bakso di Sampit terbuat dari daging tikus dan kucing," katanya.

Pentol bakso di Sampit halal, higienis dan bersih serta aman dikonsumsi karena tidak mengandung atau dicampur dengan zat berbahaya.

Untuk memastikan pentol bakso tersebut aman bagi kesehatan manusia, maka sebelum dikonsumsi nantinya akan dilakukan pemeriksaan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotim.

HUT Kabupaten Kotim juga akan dimeriahkan oleh sejumlah artis Ibu Kota, dan panitia juga menyediakan sejumlah hadiah menarik yang diundi pada akhir acara, diantaranya adalah satu unit sepeda motor.




(T.KR-UTG/B/S019/M019)