Indonesia Tawarkan Senegal Kerja Sama Keterampilan Tenun

id Indonesia tawarkan Senegal kerja sama keterampilan tenun, istri tenun

 Indonesia Tawarkan Senegal Kerja Sama Keterampilan Tenun

Istri Duta Besar RI untuk Senegal, Nidalia Andradjati, saat bertemu dengan Ibu Negara Senegal, Mariame Macky Sall, di Istana Negera Senegal pada Selasa. Istimewa

Jakarta (ANTARA News) - Indonesia mengajak Senegal untuk bekerja sama keterampilan tenun dalam upaya meningkatkan kapasitas perempuan, khususnya yang tinggal di pedesaan negara kawasan Afrika tersebut, demikian laporan KBRI Dakar, Rabu.

Menurut KBRI Dakar, tawaran tersebut disampaikan oleh istri Duta Besar RI untuk Senegal, Nidalia Andradjati, saat bertemu dengan Ibu Negara Senegal, Mariame Macky Sall, di Istana Negera Senegal pada Selasa.

Dalam pertemuan tersebut, Mariame Macky Sall menyampaikan keinginannya untuk meningkatkan kapasitas perempuan Senegal, khususnya mereka yang tinggal di pedesaan, untuk bisa menaikkan penghasilan mereka dalam menghidupi keluarga, kata Nidalia.

"Senegal dapat bekerja sama dengan Indonesia dalam peningkatan kapasitas perempuan, salah satunya di bidang keterampilan menenun," kata Nidalia seraya menyebutkan Yayasan Citra Tenun Indonesia, yang diprakarsai oleh Ibu Ani Yudhoyono, dan diketuai oleh Ibu Okke Hatta Rajasa, sebagai salah satu pilihan yang tepat yang bisa diajak bekerja-sama.

Menurut Nidalia, Mariame Macky Sall antusias dengan usul kerja sama ini mengingat Senegal juga terkenal dengan kerajinan pakaian khas negara tersebut.

"Saya mengundang Ibu untuk datang ke Indonesia untuk melihat secara langsung kerajinan tenun Indonesia," kata Nidalia.

"Terima kasih, ide yang baik. Saya sangat kagum dengan Indonesia dan dengan senang hati mau berkunjung ke Indonesia," jawab Mariame Macky Sall.

Dalam pertemuan tersebut istri Duta Besar Indonesia untuk Senegal itu memberikan sepasang baju batik khas Indonesia, peci Tapis (khas Lampung) dan peci hitam yang dipesan khusus untuk Presiden Macky Sall serta sejumlah informasi pariwisata Indonesia.

Sementara itu, Mariame Macky Sall juga memberikan tanda mata berupa taplak meja khas Senegal.

"Saya juga mau berkunjung dan melihat Wisma Duta Indonesia," kata Mariame Macky Sall.