JJ Cale, Penulis Lagu Legendaris "After Midnight" Wafat

id JJ Cale, penulis lagu legendaris After Midnight wafat

Telah berpulang JJ Cale, penulis lagu dan penyanyi legendaris akibat serangan jantung
Jakarta (ANTARA News) - Penulis lagu legendaris, JJ Cale, wafat dalam usia 74 tahun di rumah sakit Scripps di La Jolla, California, sekitar pukul 20.00 Jumat (26/7) waktu setempat, akibat serangan jantung.

"Telah berpulang JJ Cale, penulis lagu dan penyanyi legendaris akibat serangan jantung," demikian pernyataan dari laman resminya seperti dikutip dari The Guardian, Minggu.

Peraih penghargaan bergengsi "Grammy Award" itu dikenal piawai menulis lagu. Lagu-lagu ciptaannya semakin populer ketika dinyanyikan penyanyi-penyanyi terkenal seperti Eric Clapton, Santana, Lynyrd Skynyrd dan Tom Petty.

Lahir di Oklahoma, Cale yang juga pemain gitar itu menciptakan "Tulsa Sound" yang merupakan kombinasi dari musik blues, rock, dan country. Kariernya sebagai penulis lagu semakim melambung pada tahun 1970, saat Eric Clapton menyanyikan lagu ciptaannya "After Midnight".

Pada tahun 1977, Clapton kembali mempopulerkan lagu ciptaan Cale yang berjudul "Cocaine". Kolaborasi kedua musisi tersebut berhasil membawa mereka meraih penghargaan Grammy tahun 2008.

Clapton pun menyebutnya sebagai "salah satu master musik dalam tiga dekade terakhir ini." 

Penerjemah: Monalisa


Pewarta :
Editor: Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar