Eleanor Parker Bintang Hollywood 1950-an Tutup Usia

id Eleanor Parker

 Eleanor Parker Bintang Hollywood 1950-an Tutup Usia

Eleanor Parker (Istimewa)

Hollywood (ANTARA News) - Eleanor Parker, artis Hollywod era 1940-1950-an, pemeran "baroness" dalam film "The Sound of Music", meninggal dalam usia 91 tahun akibat komplikasi dari radang paru yang dideritanya.

Parker pernah tiga kali dicalonkan sebagai penerima piala Oscar serta menjadi lawan main bintang-bintang besar termasuk Frank Sinatra, Kirk Dauglas, dan Ronald Reagan.

Ia dikenal mampu memainkan berbagai peran termasuk drama yang berat dan komedi ringan, sehingga mendapat julukan "wanita seribu wajah" .

Artis gaek itu meninggal di rumahnya di kawasan Palm Spring, California, demikian diumumkan oleh sahabat keluarga, Richard Gale, seperti dikutip dari Reuters.

Meskipun tidak pernah memenangkan Academy Award, Parker sudah tiga kali diunggulkan meraih piala Oscar itu, untuk periode lima tahun.

Dia diunggulkan atas perannya sebagai narapidana yang mendekam di dalam penjara melalui film "Caged" tahun 1950, kemudian dalam peran sebagai istri polisi yang ditelantarkan pada film "Detective Story" pada 1951.

Terakhir ia diunggulkan menerima Oscar untuk film "Interrupted Melody" tahun 1955 ketika berperan sebagai penyanyi opera penyandang polio.

Salah satu peran besarnya adalah sebagai istri dari pecandu narkoba (Frank Sinatra) di bawah arahan sutradara Otto Preminger dalam film "The Man With The Golden Arm" (1955).

Ia bermain kembali dengan Frank Sinatra pada film "A Hole in the Head" tahun 1959.

Parker menjadi pemeran pendamping sebagai Baroness Elsa Schraeder yang membenci anak-anak, dalam drama musik "The Sound of Music" tahun 1965 bersama pemeran utama Julie Andrews dan Christopher Plummer. Sebuah film yang kemudian menjadi film terlaris.

(M007)