Tyson Fury Juara Dunia Tinju Kelas Berat yang Baru

id juara dunia kelas berat, tinju

Tyson Fury Juara Dunia Tinju Kelas Berat yang Baru

Tyson Fury. (daily mail)

Berlin (Antara/AFP) - Petinju Inggris Tyson Fury menjadi juara dunia baru kelas berat, setelah menang angka mutlak atas Wladimir Klitschko yang mengalami kekalahan pertamanya dalam 11 tahun, Sabtu (Minggu WIB).

Fury (27) dalam pertarungan di Duesseldorf, Jerman, itu mendapat nilai kemenangan  115-112, 115-112 sehingga berhak atas sabuk versi WBA, IBF, IBO dan WBO yang sebelumnya disandang petinju Ukraina tersebut.

Usai kemenangannya, juara baru Fury menyanyikan lagu Aerosmith "Don't Want to Miss a Thing" di atas ring.

"Saya bersyukur kepada Tuhan atas kemenangan ini," kata Fury, yang kini telah memenangi seluruh 25 pertarungan tinju profesionalnnya.

"Saya bekerja keras tiao hari untuk momen ini -- mimpi kini jadi kenyataan," ujarnya.

Sementara itu Klitschko mengatakan bahwa akan ada pertarungan ulang dan menurut dia terlalu dini untuk bicara soal pensiun.

"Saya sudah mempersiapkan diri dengan baik, tapi malam ini saya kehilangan kecepatan, dan tidak mengira dia lebih cepat," kata Klitschko yang kini berusia 40 tahun.

"Saya seharusnya bisa memukul roboh dia pada akhir  pertandingan," kata Klitshko yang menelan kekalahan keempat dalam karirnya.

Pertarungan tersebut semula dijadwalkan Oktober lalu, namun ditunda karena Klitschko cedera.

Setelah malah sarung tinju yang kurang pas bagi  Fury pada pekan menjelang pertarungan, tensi antara kedua kubu makin memanas.

Pihak Fury menilai kanvas ring terlalu lembut dan setelah saling berdebat dan mengancam mundur, kubu Klitschko pun mengalah dan setuju pengurangan busa di permukaan ring.

Menjelang pertandingan pun sempat diwarnai komplain dari Fury karena tidak ada pemantau saat Klitschko memasang sarung tinjunya.

Akhirnya pemasangan sarung tinju sang juara  bertahan pun diulang.