Lawan Kolesterol Tinggi dengan Diet vegetarian

id Kolesterol Tinggi, Diet vegetarian, makanan

Lawan Kolesterol Tinggi dengan Diet vegetarian

Ilustrasi buah-buahan. (www.antarafoto.com)

Jakarta (Antara Kalteng) - Diet vegetarian berbasis tanaman bisa menjadi pilihan untuk mengatasi kolesterol tinggi karena diet ini sangat membantu menurunkan kadar kolesterol, tulis hasil sebuah penelitian seperti dikutip Indian Express.

Menurut penelitian ini, kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, sedangkan kepatuhan jangka panjang terhadap pola makan nabati menyebabkan perubahan komposisi tubuh, seperti penurunan berat badan, menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol.

"Diet vegetarian untuk mengendalikan lemak dan bermanfaat bagi kesehatan jantung termasuk pengurangan risiko serangan jantung, stroke dan kematian dini," kata Susan Levin dari Komisi Dokter untuk Pengobatan Bertanggung Jawab di Washington.

Kolesterol adalah zat lemak yang dikenal sebagai lemak dan sangat penting untuk fungsi normal tubuh. Namun, kadar yang terlalu tinggi dapat menyebabkan masalah bagi kesehatan, mulai dari munculnya penyakit jantung hingga berujung kematian.

Pola makan nabati meliputi sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian, yang kaya komponen serat, protein  

Dalam studi yang dipublikasikan jurnal Nutrition Reviews, pola makan nabati berhubungan dengan penurunan kolesterol total 29,2 mg/dL. Selanjutnya, dalam uji klinis, diet nabati menurunkan kolesterol total sebesar 12,5 mg/dL.

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa