Waspada! Kolesterol tinggi bisa "serang" orang usia muda

id waspada kolesterol,palangka raya,kalteng,Poltekkes Kemenkes Palangka Raya,Prodi Gizi dan Dietetika

Waspada! Kolesterol tinggi bisa "serang" orang usia muda

Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Palangka Raya, Prodi Gizi dan Dietetika, Citra Dewi. ANTARA-HO

Palangka Raya (ANTARA) - Kolesterol tinggi tidak hanya dialami oleh orang-orang usia lanjut saja. Namun tidak menutup kemungkinan anak muda juga bisa terserang kolesterol tinggi.

Perlu diketahui bahwa penyakit kolesterol tinggi ini tidak memandang usia. Bisa saja diderita sejak umur 20 tahun hingga usia 65 tahun yang menjadi paling rentan menderita penyakit tersebut.

Kebanyakan terjadinya penyebab kolesterol tinggi antara lain, junk food, pola makan yang terlalu banyak gula, kurangnya aktivitas olah raga dan makanan siap saji.

Pada orang tua, perihal mengenai kolesterol sudah menjadi hal banyak di alami. Yang menyebabkan mengapa banyak terjadi pada orang tua, karena pola makan dan hidup yang kurang sehat di masa mudanya. Tetapi, kolesterol juga dapat menghinggapi pada usia muda.

Di kutip dari TMZ, istri dari penyanyi terkenal Justin Bieber, Hailey Baldwin yang masih berusia 25 tahun mengalami gejala stroke dan sempat dilarikan ke Rumah Sakit. 

Dikatakan oleh Dokter yang memeriksanya, terjadi penggumpalan darah yang kecil pada otaknya. Diketahui dari beberapa sumber, kolesterol jahat atau atau low-density lipoprotein (LDL) adalah salah satu faktor risiko serangan stroke. Di kaitkan kembali dengan kisah Hailey Baldwin yang terkena stroke, usia muda bukan jaminan bakal hidup enak tanpa memikirkan bagaimana menjaga kesehatan termasuk menjaga kadar kolesterol. 

Kolesterol tinggi adalah zat berlemak yang beredar di seluruh tubuh dalam aliran darah. Kolesterol secara alami diproduksi di organ hati dan setiap sel di dalam tubuh menggunakannya, sehingga kolesterol sesungguhnya juga memiliki manfaat. Namun, terlalu banyak kolesterol dalam darah bisa menjadi berbahaya, khususnya kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL). British Heart Foundation (BHF) menjelaskan, kolesterol jahat dapat menumpuk di dalam dinding pembuluh darah dan membentuk plak yang seiring waktu akan membuat pembuluh darah menyempit. 

Kondisi ini dapat menyumbat pembuluh darah dan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. Kolesterol tinggi tidak selalu menunjukkan gejala, oleh karena itu kerap disebut memiliki risiko tersembunyi yang berbahaya. Tes darah adalah satu-satunya cara untuk memeriksa kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol baik dapat menyingkirkan kolesterol jahat kembali ke hati untuk dipecah dan dikeluarkan dari tubuh.

British Heart Foundation (BHF) menjelaskan, kolesterol jahat dapat menumpuk di dalam dinding pembuluh darah dan membentuk plak yang seiring waktu akan membuat pembuluh darah menyempit. Kondisi ini dapat menyumbat pembukuh darah dan meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke. 

Kolesterol tinggi tidak selalu menunjukkan gejala, oleh karena itu kerap disebut memiliki risiko tersembunyi yang berbahaya. Tes darah adalah satu-satunya cara untuk memeriksa kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Kolesterol baik dapat menyingkirkan kolesterol jahat kembali ke hati untuk dipecah dan dikeluarkan dari tubuh.

Gejala dan tanda kolesterol tinggi di usia muda yang dapat dilihat dari beberapa hal berikut: 

1. Pasien mengalami xanthoma (kelainan kulit akibat penumpukan lemak) pada beberapa bagian tubuh termasuk tangan, siku, 
   lutut, pergelangan kaki, dan di sekitar korneamata, 
2. Nyeri pada bagian dada atau gejala lain dari penyakit jantung koroner yang muncul di usia muda.
3. Satu atau kedua betis sering terasa kram saat dipakai berjalan kaki. 
4. Rasa sakit di jari-jari kaki dan tidak dapat disembuhkan dan yang terakhir,  
5. Dapat  muncul gejala stroke, contohnya kesulitan berbicara, tangan atau kaki terasa lemas, hingga kehilangan 
   keseimbangan tubuh. 

Untuk mengetahui kadar kolesterol, yaitu dengan pengecekan darah untuk mengukur kadar zat di dalam tubuh Anda secara keseluruhan, termasuk jumlah LDL, HDL, dan juga trigliserida. Jika mendapati kadar kolesterol yang tinggi, maka disarankan untuk mengonsumsi obat kolesterol tinggi, melakukan olah raga teratur untuk menjaga berat badan tetap ideal dengan makan makanan sehat, menghindari makanan dengan kadar gula tinggi dan lemak jenuh yang tinggi, serta yang tak kalah penting yakni membatasi makanan siap saji atau instan.

Penyebab kolesterol tinggi ada berbagai macam, salah satunya mager alias males gerak. Sebab, dengan malas bergerak serta jarang melakukan aktivitas fisik dapat mengakibatkan kolesterol tinggi. 

Selanjutnya, ada beberapa minuman jus yang disarankan mampu menurunkan kolesterol tinggi yaitu jus apel, alpukat, jeruk, delima. Dan beberapa obat penurun dan mengontrol kolesterol tinggi yakni Statin, Bile- Acid, Cholesterol absorption inhibitors, obat- obatan fibrate, minyak ikan dan Niacin

Dan pentingnya berkonsultasi delalu dengan Dokter untuk mengawali tindakan dan pengobatan yang tepat untuk mengatasi masalah kolesterol. 

Penulis : Citra Dewi
(Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Palangka Raya, Prodi Gizi dan Dietetika)