Produk UKM Palangka Raya Tembus Toko Ritel

id Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia, Produk UKM

Produk UKM Palangka Raya Tembus Toko Ritel

Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia saat membuka gerai produk UKM di salah satu toko ritel di Palangka Raya, Senin (12/11). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Sebanyak 24 jenis dari produk usaha kecil menengah (UKM) produksi pelaku usaha di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah berhasil menembus toko ritel di kota setempat.

Wali Kota Palangka Raya, Dr HM Riban Satia pada Senin menyambut baik keberhasilan tersebut dan meminta para pelaku usaha kecil menengah (UKM) mempelajari manajemen pengelolaan usaha dari toko ritel modern.

"Saya meminta para pelaku UKM dapat meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak serta dapat memanfaatkan peluang yang ada. Salah satunya ialah mempelajari dan mengadopsi manajemen toko retail untuk pengembangan dan pemasaran produk," kata Riban.

Wali Kota "Kota Cantik" Palangka Raya dua periode ini pun meminta para pengelola toko ritel di kota setempat juga berperan aktif mengembangkan produk dan kemandirian UKM.

Pernyataan itu diungkapkan Riban disela acara peluncuran dan sosialisasi produk "petak umpet" UKM di kota setempat.

"Progaram ini merupakan inovasi proyek perubahan Diklat Pim empat oleh Oktaviasi selaku kepala seksi peningkatan kualitas kewrausahaan, Diskop UKM Palangka Raya," kata Kadiskop UKM Kota, Afendie.

Afendie mengatakan bahwa dari 33 produk kuliner kemasan yang diajukan ke pihak Indomaret, sebanyak 24 produk dinyatakan lolos verifikasi yang mana produk tersebut mendapat tempat di toko ritel tersebut.

Melalui kegiatan tersebut pihaknya juga terus mendorong pelaku UKM di wilayah Palangka Raya untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi.

"Kami harap dengan adanya produk-produk UKM yang ada di gerai Indomaret ini dapat mempermudah masyarakat dan wisatawan yang datang ke Palangka Raya mendapat oleh-oleh khas Palangka Raya," katanya.

Sementara itu, Kepala Cabang Indomaret wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah, Suharwanto menerangkan bahwa saat ini produk tersebut baru di jajakan di lima gerai Indomaret.

"Karena keterbatasan kapasitas produksi maka untuk sementara ini kami baru menjajakan produk-produk tersebut di lima gerai. Kami harap para pelaku UKM bisa mempertahakan kualitas dan menambah kuantiitas produksinya agar kami bisa memperbanyak gerai," katanya.