KNPI Barut Galang Dana untuk Penderita Hidrosefalus

id KNPI Barut, galang dana, Penderita Hidrosefalus, Wardatun Nur Jamilah, muara teweh

KNPI Barut Galang Dana untuk Penderita Hidrosefalus

Ketua KNPI Barito Utara Wardatun Nur Jamilah bersama dokter bedah syaraf dan bayi hidrosefalus di RS Doris Sylvanus Palangka Raya, Senin (12/6/17). (Istimewa)

Muara Teweh (Antara Kalteng) - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menggalang dana untuk membantu anak penderita hidrosefalus Aufa Azkiya (5) warga Jalan Sengaji Hilir Muara Teweh.

"Kami mengajak seluruh masyarakat Barito Utara untuk sama-sama mengulurkan tangan membantu adik kita tersebut, agar bisa mendapatkan pengobatan yang layak," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah KNPI Barito Utara (Barut) Wardatun Nur Jamilah di Muara Teweh, Senin.

Menurut Wardatun, Aufa yang merupakan anak pasangan Mahrat dan Mahrita itu sangat membutuhkan dana untuk biaya lanjutan pengobatan ke Rumah Sakit Di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sebelumnya Aufa sudah pernah dioperasi pada tahun 2015, sayang sekali yang awalnya anak itu harus melaksanakan operasi ulang untuk penggantian selang jadi terhambat karena permasalahan kehidupan keluarganya kurang mampu.

"Aksi Penggalangan dana ini hari Selasa (12/12) dan Rabu (13/12) mulai pukul 15.00 WIB di seluruh jalan protokol yang ada di Muara Teweh, agar adik kita Aufa bisa melanjutkan pengobatannya lagi," katanya.

Ia mengajak masyarakat di daerah ini untuk membantu bayi dan keluarganya berobat dan biaya di Banjarmasin dengan untuk menyalurkan dananya melalui rekening DPD KNPI Barito Utara nomor rekening BRI Muara Teweh 0209-01-000267-56-1.

"Kepada seluruh pengguna jalan kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan mohon bantuannya untuk adik Aufa," kata Wardatun yang juga anggota DPRD Barito Utara dari Fraksi PPP ini.

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara Robansyah melalui Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan, Ismansyah mengatakan pemerintah daerah siap membantu keluarga anak penderita hidrosefalus bernama Aufa Azkiya itu.

"Kami pada prinsipnya siap membantu keluarga anak yang menderita hidrosefalus, dengan membawa Aufa Azkiya ke Sakit Ulin Banjarmasin, Kalimantan Selatan untuk melakukan kontrol. Terlebih Aufa Azkiya sudah masuk dalam kepesertaan BPJS kesehatan, yang iurannya dibayar oleh pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan setempat," katanya.

Pihaknya akan mengupayakan mobil ambulans untuk membawa Aufa Azkiya ke rumah sakit Ulin Banjarmasin.

Di samping itu juga juga berharap agar orang tua anak penderita hidrosefalus dapat berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan, untuk merujuk Aufa Azkiya ke Rumah Sakit Ulin Banjarmasin.

"Kami sarankan, agar dapat menghubungi Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkab Barito Utara untuk bantuan seperti ini, biasanya pos anggarannya ada di bagian Kesra Setda setempat," ujar Imansyah.