Harga Cabe Rawit di Buntok Turun

id pemkab barsel, Junaidi, Cabe Rawit

Harga Cabe Rawit di Buntok Turun

Ilustrasi - Pedagang menata cabai rawit merah. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Buntok (Antaranews Kalteng) - Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mencatat harga cabe rawit di kota Buntok mengalami penurunan.

"Turunnya harga cabe rawit ini terjadi dalam seminggu terakhir," kata Kabid Perdagangan pada Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UMKM Barsel, Junaidi di Buntok, Rabu.

Ia menjelaskan, harga cabe rawit yang sebelumnya Rp100 ribu mengalami penurunan menjadi Rp80 ribu per kilogramnya.

"Demikian halnya untuk harga cabe tiung mengalami penurunan, dari Rp80 ribu menjadi Rp70 ribu, cabe kering dari Rp100 ribu turun menjadi Rp97 ribu/kgnya," ucap Junaidi.

Begitu juga lanjut dia, dengan harga cabe taji juga ikut mengalami penurunan sebesar Rp15 ribu, dari Rp80 ribu menjadi Rp65 ribu.

"Sedangkan untuk harga cabe keriting, dan cabe biasa masih tetap bertahan Rp50 ribu per kilogramnya," ujarnya.

Harga daging sapi tetap Rp145 ribu/kg, dan harga daging ayam ras turun dari Rp38 ribu menjadi Rp36 ribu/kgnya.

Sementara untuk harga bahan pokok lainnya juga masih bertahan seperti harga bawang merah Rp22 ribu/kg, dan bawang putih Rp18 ribu, dan gula pasir Rp12.500 per kilogramnya.

Untuk harga tepung terigu segitiga biru lanjut Junaidi juga masih bertahan Rp13 ribu, tepung cakra kembar Rp12.500, dan tepung biasa Rp11 ribu per kilogramnya, dan harga minyak goreng kemasan tanpa merk Rp12.500 perliternya.

Menurut dia, pihaknya akan terus melakukan pemantauan harga dalam setiap minggunya, dan bila harganya mengalami lonjakan, maka pihaknya akan melaksanakan kegiatan pasar penyeimbang.