Seruyan dan Kotim kerja sama kembangkan kawasan pesisir

id bupati seruyan, ujung pandaran

Seruyan dan Kotim kerja sama kembangkan kawasan pesisir

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran (tengah) diapit Bupati Seruyan Sudarsono, Bupati Kotim H Supian Hadi dan Wakil Bupati Kotim HM Taufiq Mukri berfoto dengan warga saat meninjau Pantai Ujung Pandaran, Selasa (13/9/2016). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah dan Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur akan menjalin kerja sama untuk mengembangkan pembangunan kawasan pesisir dua kabupaten tersebut.

"Rencana pengembangan kawasan pesisir itu akan kita bicarakan melalui rapat koordinasi dua pemerintahan di Sampit pada Rabu (14/2)," kata Bupati Seruyan Sudarsono di Kuala Pembuang, Sabtu.

Ia mengatakan, rencana kerja sama dua pemerintah ini dilakukan setelah adanya keinginan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran untuk mengembangkan kawasan selatan Kalteng yang meliputi pesisir Kotim dan Seruyan.

"Gubernur mendorong agar dua kabupaten ini sinergi membangun kawasan pesisir," katanya.

Pembangunan kawasan pesisir Kotim-Seruyan sepanjang kurang lebih 80 kilometer dimulai dari Desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit, Kotim hingga Kuala Pembuang, Seruyan diarahkan Gubernur Kalteng untuk pengembangan pariwisata, pertanian hingga jangka panjang untuk rencana pengembangan prasarana transportasi seperti pelabuhan dan bandara.

"Pengembangan kawasan pesisir ini nanti juga akan didukung anggaran dari pemerintah provinsi," katanya.

Sementara itu Bupati Kotim Supian Hadi mengapresiasi dukungan Gubernur Kalteng yang ingin mendorong pembangunan di kawasan pesisir Kotim-Seruyan.

Untuk jangka pendek, kerja sama pengembangan kawasan pesisir dalam dilakukan kedua kabupaten di sektor pariwisata, dan pengembangan pariwisata sangat mungkin dilakukan di perbatasan kawasan pesisir pantai kedua kabupaten.

"Mudah-mudahan pengembangan kawasan pesisir ini dapat direncanakan, dan kerja sama kedua daerah juga dapat berjalan dengan baik," katanya.