Pembangunan pendidikan di Sukamara jadi program prioritas

id bupati sukamara, program pendidikan, sekolah di sukamara

Pembangunan pendidikan di Sukamara jadi program prioritas

SDN Mendawai 3, salah satu sekolah di Kabupaten Sukamara yang telah maju dengan melaksanakan program Adiwiyata. (Foto Antara Kalteng/Gusti Jainal)

Sukamara (Antaranews Kalteng) - Bupati Sukamara H Ahmad Dirman mengatakan dari empat pilar pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Sukamara, sektor pendidikan merupakan pilar pertama dan utama, karea itu pembangunan di bidang pendidikan menjadi program prioritas yang dilaksanakan.

"Pembangunan sektor pendidikan merupakan salah satu prioritas pembangunan, karena pendidikan merupakan investasi jangka panjang yang memiliki peran sentral dalam menciptakan kesejahteraan masyarakat," kata Dirman di ruang kerjanya, Senin.

Menurutnya, dalam program dan kegiatan pada bidang pendidikan, baik yang telah dilakukan maupun yang akan dilakukan, pemerintah tidak akan pernah diam untuk menjadikan pendidikan di Kabupaten Sukamara terus maju dan lebih berkualitas di masa mendatang.

Bukti nyata bahwa bidang pendidikan merupakan program yang diprioritaskan adalah sudah lama pemerintah Kabupaten Sukamara membuat kebijakan pendidikan gratis 12 tahun, maupun dalam penuntasan wajib belajar sembilan tahun.

Dikatakannya juga, untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan di Kabupaten Sukamara, pemerintah terus melaksanakan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan, selain peningkatan kualitas dan kuantitas guru.

"Dari tahun ke tahun pemerintah terus meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana pendidikan, selain itu untuk kualitas guru, pemerintah sudah melakukan dan terus dilakukan seperti menyekolahkan guru-guru pada pascasarjana," terang Dirman

Dengan berbagai program kebijakan yang dilaksanakan pemerintah, baik dari pemerintah pusat, provinsi terlebih lagi kebijakan yang dilaksanakan pemerintah kabupaten Sukamara tentu kedepan dunia pendidikan di Kabupaten Sukamara akan lebih maju, baik sarana dan prasarana, kualitas maupun mutu pendidikan itu sendiri, tambahnya.